Parepare, (Humas Parepare) – Kementerian Agama Kota Parepare menggelar penyaluran Zakat Fitrah, Zakat Profesi dan Tunjangan Hari Raya (THR) Koperasi Al-Istiqamah secara simbolis di Aula Kemenag dengan menerapkan protokol kesehatan yang cukup ketat, Rabu (5/5/2021).

Kagiatan tersebut dihadiri oleh undangan terbatas yakni Kepala Kantor Kemenag Kota Parepare H. Abdul Gaffar, Kepala Subbagian Tata Usaha H. Muh. Amin, para Kepala Seksi dan Penyelenggara, Koordinator Pengawas, para Kepala Madrasah Negeri dan para Kepala KUA serta perwakilan penerima zakat dan THR.

Penyaluran zakat secara simbolis tersebut dilakukan sesuai Surat Edaran Menteri Agama di mana dalam penyaluran zakat yang dilakukan agar jangan sampai menimbulkan kerumunan. Hal tersebut dipertegas pula oleh Kakan Kemenag H. Abdul Gaffar.

“Hari ini ada 3 yang kami salurkan yakni THR Koperasi Al Istiqamah untuk anggota koperasi, zakat profesi dan zakat fitrah yang dilakukan secara simbolis satu orang sebagai perwakilan, dan yang lainnya akan diantarkan langsung kepada yang berhak menerima. Beberapa waktu yang lalu kami juga telah menyalurkan langsung di 4 kecamatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Adapun zakat yang terkumpul selain diserahkan ke Baznas, kami juga prioritaskan penyerahannya kepada internal keluarga Kemenag sesuai syarat yang telah ditentukan”, ungkap Kakan Kemenag didampingi Kasubbag TU dan Penzawa.


Pada kesempatan tersebut, Kakan Kemenag juga menyampaikan kebijakan terkait penyelenggaraan shalat Idul Fitri sesuai Surat Edaran Menteri Agama.

Untuk diketahui, tahun ini Koperasi Al Istiqamah membagikan THR kepada 146 anggotanya, sementara penyaluran zakat yang terkumpul di UPZ Kemenag selain diserahkan ke Baznas Kota Parepare, juga sebagian diprioritaskan bagi keluarga Kemenag sesuai syarat yang telah ditetapkan. 

Penulis Nurwina
Editor Mawardi, S.Ag.