Kepala Kankemenag Perintahkan Yang Melubangi Perahu Ditenggelamkan Pada Sosialisasi Sieka MTsN. 1 Bulukumba

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Bontomacinna, (Humas Kemenag) – Sosialisasi sistem informasi elektronik kinerja aparatur sipil negara (Sieka) digelar di MTsN. 1 Bulukumba, kamis (04/03) dengan menghadirkan analis kepegawaian Kankemenag Muhammad Ronal Buspo dan Khairil Ikbal.

Muhammad Asdar, Kepala MTsN. 1 Bulukumba menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag Bulukumba yang telah meluangkan waktu memberi arahan pada kegiatan ini.

Kepala MTsN. 1 Bulukumba melaporkan kepada Kepala Kankemenag bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan daring dan luring dengan porsi 70 : 30 dan terkait pelaksanaan UM telah dilaksanakan sosialisasi internal dan telah terbentuk kepanitiaan pelaksananya.

“program evaluasi diri madrasah (EDM), elektronik rencana kerja madrasah (ERKAM), dan penilaian kinerja kepala madrasah (PKKM) telah rampung kelengkapan dokumennya dan siap untuk dimonitoring dan dievaluasi tim dari Kemenag Bulukumba” terang Asdar

Asdar menambahkan apresiasi kepada wakil kepada madrasah dari pemerintah dibuktikan dengan hadirnya Keputusan Dirjen Pendis 1531 tahun 2020 terkait penugasan guru sebagai wakil kepala madrasah, ia telah menyiapkan ruang khusus untuk wakil kepala madrasah sebagai bentuk apresiasi kepada wakamad yang telah terpilih secara demokratis,  yang diharapkan dapat bersinergi dalam meningkatkan mutu madrasah. “selain ruang wakamad, kami juga telah menyiapkan taman dan ruang baca untuk peserta didik” terang Asdar.

Menanggapi laporan Kepala MTsN. 1 Bulukumba, Kepala Kankemenag Bulukumba, H. Muhammad Yunus dalam arahannya menyampaikan bahwa amanah sebagai kepala madrasah, pendidik, dan tenaga kependidikan merupakan amanah yang sangat mulia dan amanah ini harus dipertanggungjawabkan kepada negara dan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. “ ini tugas sangat mulia, jangan ada yang main-main dengan amanah ini dan saya berterima kasih atas dedikasi dan kinerja dinampakkan selama ini untuk meningkatkan mutu madrasah” tutur Kepala Kankemenag.

Ia menyampaikan agar pengelolaan data khususnya pada EDM dan ERKAM dilaksanakan dengan inovasi dan manajemen madrasah harus dibangun dengan job description yang jelas. “guru tidak boleh menafsirkan inovasi kepala madrasah, biarlah masing-masing berjalan dalam jalurnya masing-masing agar akselerasi pembangunan dan peningkatan mutu madrasah dapat terwujud dengan baik” jelas H. Muhammad Yunus.

Terkait Sieka, ia mengharapkan agar pelaporan kinerja melalui sistem informasi ini dapat terlaksana dengan baik dan para ASN harus memiliki komitmen untuk tidak melaporkan kinerjanya lagi secara manual.

Terkait pelaksanaan pembelajaran, Kepala Kankemenag mengharapkan jajaran Kemenag Bulukumba mendukung penuh upaya pemerintah dalam menanggulangi dan pencegahan penyebaran covid-19 khususnya penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran. “kita tidak boleh menutup mata, kita (jajaran Kemenag) harus mendukung segala upaya pemerintah dalam melaksanakan protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran covid-19 ini” terang Kepala Kankemenag.

Kepala Kankemenag mengapresiasi inovasi kepala madrash yang telah menciptakan ruang literasi melalui pembuatan taman baca yang disebutnya menjadi potensi promosi madrasah. “ini bagian dari implementasi tagline madrasah destinasi hebat bermartabat” tutur H. Muhammad Yunus.

Kepala Kankemenag juga menyampaikan untuk meningkatkan dan mengembangkan madrasah dibutuhkan koordinasi dan komunikasi serta paradigma sinergitas dengan berbagai pihak. “madrasah harus dibangun dari partisipasi berbagai elemen karena sesungguhnya madrasah itu aset masyarakat” terang Kakan Kemenag.

Kepala Kankemenag menyampaikan terima kasih atas ikhtiar kepala MTsN. 1 Bulukumba mengembangkan madrasah. Ia mengibaratkan manajemen madrasah seperti berlayar dilautan sehingga ia meminta tidak boleh ada stakeholder madrasah yang merobek layar maupun melobangi perahu. ‘bekerja dengan baik, komitmen dengan tujuan kita bersama dan kalau ada yang seperti itu (perusak layar dan pelobang perahu) tenggelamkan saja” canda Kepala Kankemenag diikuti tawa peserta sosialisasi Sieka.


Daerah LAINNYA