Kepala KUA Tellu Siattinge Yang Baru Langsung Briefing

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Tokaseng, (Humas Kemenag Bone) - Kepala KUA Kecamatan Tellu Siattinge Tokaseng Kabupaten Bone yang baru Sahrudin, S.Ag., MH lakukan briefing dengan para staf, penghulu dan penyuluh agamanya. Kegiatan ini sekaligus ta'ruf dengan Kepala KUA Tellu Siattinge yang lama KM. H. Abd. Samad, S.Ag., MH., Rabu (3/3/2021) di aula KUA Tellu Siattinge. Sebelumnya Sahrudin menjabat sebagai Kepala KUA Kecamata Ulaweng

Kepala KUA Tellu Siattinge Sahrudin dalam pertemuannya, menyampaikan tugas dan fungsi KUA berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 34 Tahun 2016 tentang 10 tugas dan fungsi KUA.

Pertama, pelayanan, pengawasan, pencatatan dan pelaporan nikah rujuk. Kedua, Penyusunan Statistik Layanan Bimbingan Masyarakat Islam. Ketiga, Pengelolaan Dokumentasi dan Sistem Informasi Manajemen KUA (Humas). Keempat, pelayana bimbingan keluarga sakinah. Kelima, pelayanan bimbingan kemasjidan. Keenam, pelayanan bimbingan hisab rukyat dan pembinaan syariah. Ketujuh, pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam. Kedelapan, pelayanan bimbingan Zakat dan Wakaf. Sembilan, pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtangaan KUA Kecamatan. Sepuluh, Layanan Bimbingan Manasik Haji Bagi Jemaah Haji Reguler.

"Kami harapkan para pegawai dan Penyuluh Agama Islama, melaksanakan tupoksinya masing-masing sesuai dengan peraturan PMA Nomor 34 Tahun 2016, dengan niat yang tulus dan ikhlas karena Allah swt semata-mata dalam melayani masyarakat, Insya Allah, Allah akan memberikan ganjaran yang besar dan kehidupan yang baik.”

Kemudia ia mengangkat ayat Ilahi, QS. An Nahl : 97. “Man ‘amila shaalihan min dzakarin au untsa wahuwa mu’minun falanuhyiyannahu hayaatan thai-yibatan walanajziyannahum ajrahum biahsani maa kaanuu ya’maluun, yang artinya barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” Tutur Kepala KUA Tellu Siattinge.

Sahrudin Kemudian dilanjutkan juga silaturrahimnya kepada unsur Tripika, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. (Rahman/ahdi)


Daerah LAINNYA