Enrekang (Humas Enrekang) Setelah umat muslim melaksanakan ibadah bulan Ramadhan, tiba saatnya umat muslim di seluruh dunia melaksanakan Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H / 2021 M.

Pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri kali ini dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19. Seperti halnya di Kabupaten Enrekang pelaksanaan Shalat Idul Fitri dilaksanakan di Lapangan Abu Bakar Lambogo Batili Enrekang, Kamis, 13 Mei 2021. 

Meskipun cuaca kurang mendukung (hujan) masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Enrekang serta pengurus PHBI tetap melaksanakan proses Shalat Idul Fitri sampai selesai dan tidak satu orang pun meninggalkan lokasi pelaksanaan Shalat Idul Fitri sebelum rangkaian Shalat Idul Fitri selesai.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Enrekang, H. Irman bertindak sebagai Khatib menyampaikan tentang Ramadhan Melatih Insan Muttaqin di antaranya :

1. Bulan Ramdhan sekiranya mengantar orang untuk bertaqwa, selalu memohon ampun kepada Allah dan mengantar orang bertaqwa yang gemar Menyedekahkan sebagian hartanya dalam kondisi senang maupun sulit.

2. Ramadhan mengantarkan manusia untuk bertaqwa dalam artian mematuhi aturan pemerintah apa lagi wilayah kita masih dalam kondisi Pandemi, sehingga kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan karena protokol kesehatan merupakan salah satu obat untuk memutus penyebaran Covid-19.

3. Ramadhan mengantarkan manusia untuk bertaqwa dalam artian saling memaafkan kesalahan antara manusia yang satu dengan manusia lain.

Momen Idul Fitri 1442 H, biasanya dimanfaatkan untuk saling memaafkan dan berkumpul dengan keluarga. Akan tetapi, di tengah pandemi virus corona yang melanda memaksa semua orang untuk meminimalisir pertemuan dan mobilitas, sehingga tak bisa merayakan Lebaran seperti dalam kondisi normal. Pelaksanaan Shalat Idul Fitri Tingkat Kabupaten Enrekang dilaksanakan dengan protokol kesehatan. (bob)


Penulis Mukhlis
Editor Andi Baly.