Menag RI Resmikan Wisma Shafa Asrama Haji Makassar dan PLHUT Bulukumba

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar (Humas Sulsel) Hanya berselang 3 hari sejak kedatangan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas Di Kota Makassar Sulsel Pasca Kejadian Bom Bunuh Diri di Depan Gereja Katedral Makassar, Hari ini (Sabtu, 3 April 2021) Beliau Kembali Kunjungi Makassar bersama Istri Hj. Eny Yaqut dengan sejumlah agenda.

 

Menteri Agama RI yang akrab Dipanggil Gus Menteri yang tiba pagi di Makassar, langsung menuju Asrama Haji Sudiang Makassar yang menjadi lokasi kegiatan Peresmian Wisma Shafa di Asrama Haji Sudiang Makassar dan Gedung Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kab. Bulukumba.

 

Sementara Ibu Menteri Agama RI Hj. Eny Yaqut juga memiliki dua Agenda di Lokasi yang sama yakni Menjadi Keynote Speaker pada Seminar pada Konfrensi Wilayah XV Fatayat NU Sulsel dan Pembicara Utama di Seminar Nasional yang digelar oleh Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Prov. Sulsel di Aula Arafah Asrama haji Sudiang.

 

Kedatangan Menteri Agama kali ini merupakan Kali Pertama Agenda Beliau khusus untuk Kementerian Agama sejak beliau dilantik menjadi Menteri Agama RI oleh Presiden Joko Widodo dan disambut khusus oleh Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel, Rektor UIN Alauddin, Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar dan Kapolda Sulsel Irjen Pol. Merdisyam, yang secara khusus menyiapkan pengamanan di lokasi Acara. hadir Juga Ketua MUI Sulsel Anregurutta KH. Sanusi Baco , Ketua Tanfidziyah PWNU Sulsel serta Para Kakankemenag dan Kasi PHU Se-Sulsel.



 

Kepada Gus Menteri di Lokasi Peresmian, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Khaeroni melaporkan bahwa selama pandemi, Kanwil Kemenag Sulsel beserta jajarannya aktif menggencarkan kampanye dan sosialisasi Penaggulangan Covid-19, serta intens melakukan pembinaan dan manasik haji kepada Calon Jemaah Haji melalui program Manasik Haji Sepanjang Tahun.

 

Khaeroni yang memulai laporannya dengan Pantun yang membuat Gus Menteri tertawa  juga melaporkan bahwa posisi Sulsel saat ini dalam hal Waiting List (daftar Tunggu) masih menempati urutan pertama di Indonesia yakni Rata 31 tahun dan Kabupaten Bantaeng menjadi Kabupaten yang memiliki Daftar Tunggu Terlama yakni 44 tahun.



 

Menteri Agama RI Gus Yaqut memuji Kakanwil Kemenag Sulsel sebagai seorang penyair sekaligus Kiyai ini membalasnya dengan Guyon bahwa Sepertinya peresmian Bangunan Wisma Shafa ini sesungguhnya kode keras kepada Kami, bahwa pasca peresmian Wisma Shafa, harus dibagunkan juga pasangannya yakni Wisma Marwah, dan Beliau berjanji dimasa Kepemimpinannya di Kemenag akan berusaha merealisasikan itu, Ucap Gus Yaqut disambut Aplauss

 

Gus menteri juga menyinggung kejadian beberapa hari lalu di depan Gereja Katedral Makassar, bahwa itu salah satu implikasi dari pemahaman keagamaan yang sifatnya tekstual sehingga Tugas Kementerian Agama semakin tertantang untuk lebih giat lagi mengkampanyekan Moderasi Beragama.



 

Gus Menteri juga mengingatkan bahwa Ibadah Haji itu bukan sekedar ritual semata, disana ada nilai nilai kemanusiaan dan persaudaran, toleransi dan sebagainya, karenanya Gus Menteri harap Asrama Haji bukan sekedar untuk menampung dan melayani jemaah haji, tapi lebih dari itu, bisa dimanfaatkan sebagai sarana syiar Islam Washatiyah (moderasi beragama).

 

Gus Menteri menyampaikan Harapan besarnya tahun ini pelaksanaan haji bisa terwujud meskipun saat ini masih menunggu keputusan Resmi Kerajaan Arab Saudi, karenanya, Kementerian Agama sampai detik ini tetap melakukan sejumlah persiapan persiapan termasuk vaksin bagi calon jemaah haji, bilamana Pelaksanaan Haji tahun ini jadi, maka kita sudah ready dan bisa langsung action, Paparnya.



 

Usai Sampaikan Arahan, Menteri Agama RI didampingi Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri H. Muhajir Yanis, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel dan Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar melakukan Pengguntingan Pita dan menandatangani Prasasti Wisma Shafa dan PLHUT Kab. Bulukumba, serta melihat sejumlah fasilitas di Wisma Shafa.



 

Wisma Shafa dan PLHUT Kab. Bulukumba yang diresmikan hari ini pembangunannya telah selesai di akhir tahun 2020 menggunakan anggaran SBSN, Wisma Shafa sendiri merupakan bangunan 4 lantai dengan kapasitas 59 kamar dan Aula yang mampu menampung 250 orang, dimana fasilitasnya sudah standar Hotel Bintang 3, sebagaimana Fasilitas Sejumlah Wisma yang telah dibangun sebelumnya seperti Wisma Jabal Uhud, Wisma Bir Ali, Wisma Zam Zam dan Wisma Raodah, Jelas Ikbal Ismail Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Makassar. (Wrd)


Wilayah LAINNYA