Maros, (Humas Maros). Bendahara PIP MIN Maros, Syamsul, S.E menyerahkan bantuan beasiswa PIP tahap 3 kepada 9 siswa MIN Maros di ruang kerjanya. (Kamis, 19/11/20)

Kesembilan siswa tersebut yakni, Abidzar Ramadhan, Amalia Mutminati Amrullah, Andini Syaputri, Hawania Ramadhani, Muh. Alif Pratama, Muh. Akil, Muh. Haidil Umar, Risma Febriantika Putri, dan Saskia Magfirah. Setiap siswa mendapatkan Rp. 450.000 dan diserahkan melalui perwakilan orang tua/wali siswa masing-masing.

Bantuan beasiswa PIP (Program Indonesia Pintar) adalah bantuan berupa uang tunai dari pemerintah kepada siswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentang miskin untuk menunjang pendidikannya sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal maupun non formal.

Kepala MIN Maros, Hadisah, S.Pd.I menjelaskan mekanisme untuk mendapatkan bantuan beasiswa ini yaitu berdasarkan input data dari EMIS yang terintegrasi dengan database dinas sosial.

"Jadi bantuan PIP ini bukan kita yang menentukan sasarannya. Siswa yang berhak ditentukan langsung oleh pusat berdasarkan data yang diinput di Emis dan terintegrasi dengan data dinas sosial. Biasanya warga yang terdaftar dalam PKH (Program Keluarga Harapan), anaknya pasti dapat bantuan beasiswa PIP", jelas Hadisah.

Aminah, nenek dari siswa Muh. Akil (Kelas IIB) merasa sangat senang cucunya mendapatkan bantuan PIP ini. "Saya sangat bersyukur cucu saya dapat beasiswa. Beasiswa ini sangat membantu kami utamanya di masa pendemi begini. Apalagi cucu kami ini yatim piatu. InsyaAllah bantuan ini akan kami gunakan untuk membelikan peralatan sekolah yang belum sempat dibeli awal tahun pelajaran", ungkap Aminah. (dlf/hms)

Penulis Musdalfa
Editor Andi Baly.