Ponpes Nurul El-Haq Larompong Peringati Hari Santri

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Larompong, (Humas Luwu) - Memasuki puncak peringatan Hari Santri 22 Oktober 2020, Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul El-Haq Larompong menggelar Upacara Peringatan Hari Santri di lapangan upacara Ponpes Nurul El-Haq Larompong Kec. Larompong Kab. Luwu, Kamis (22/10/2020).

Hal ini dilaksanakan sesuai instruksi Menteri Agama RI untuk melaksanakan upacara Peringatan Hari Santri yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2020.

Di hadapan para Pembina dan Santri Ponpes Nurul El-Haq, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Kasi Bimas) Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Luwu, H. Sukardi Yusuf, S.Ag.,MA, yang bertindak sebagai pembina upacara menyampaikan kebanggaanya pernah jadi santri.

“Saya pribadi merasa bangga pernah jadi santri. Pembesar negeri banyak alumni pesantren, seperti Badroddin Haiti (mantan kapolri), Saifullah Yusuf (mantan wakil gubernur, mantan menteri), Mahfud MD (menteri sekarang), Wapres kita sekarang KH. Ma’ruf Amin, bahkan semua personil wali band adalah alumni pesantren juga”. jelasnya.


Alumni Ponpes As’adiyah Pusat Sengkang ini juga membacakan sambutan seragam Menteri Agama RI Fachrul Razi. “Kita patut bersyukur kalangan santri memiliki hari yang istimewa yaitu Hari Santri yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober setiap tahun”, ucap H. Sukardi pada penggalan sambutan seragam Menag RI.

“Selain penetapan Hari Santri, santri dan pesantren juga telah memiliki undang-undang nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren yang memberikan afirmasi, rekognisi, dan fasilitasi terhadap pondok pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat”, tambahnya.

Upacara peringatan hari santri ini tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Semua peserta upacara tetap diwajibkan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak serta peserta upacara dibatasi maksimal 30 orang. (Hjr)


Daerah LAINNYA