Palopo, (Humas Palopo) - Mengawali bulan Mei 2021 seperti biasanya Kementerian Agama Kota Palopo rutin mengadakan rapat koordinasi guna mereview capaian kinerja bulan yang lalu. Rapat koordinasi seperti biasanya dilaksanakan di Aula Kantor Kemenag Kota Palopo yang dihadiri oleh para pejabat Kemenag , kepala KUA dan seluruh sataf Kemenag Kota Palopo Selasa, 04/05/21.

Rapat yang di moderatori Kepala seksi bimas Islam Drs. Rudding Bandu mengawali jalannya rapat dengan memberikan kesempatan kepada Kepala seksi  PHU  (Penyelenggara Haji dan Umrah) Kemenag Kota Palopo H. Mikail untuk menyampaikan beberapa hal terkait informasi-informasi Hoax yang beredar tentang pelaksanaan Haji dan Umrah tahun 2021.

H. Mikail menjelaskan bahwa adanya informasi yang menyatakan bahwa penyelenggaraan ibada Haji dan Umrah tahun 2021 tidak akan terlaksana yang di sebabkan oleh penggunaan vaksin Sinovac   kepada Calon Jemaah Haji tahun 2021 yang tidak tersertifikasi oleh badan kesehatan dunia (WHO), kemudian informasi CJH mempunyai banyaknya hutang akomodasi di Arab saudi, serta CJH yang tersangkut Hukum merupakan informasi yang menyesatkan.

Dirinya menegaskan bahwa belum adanya informasi kepastian keberangkatan CJH tahun 2021 itu di karenakan sutuasi dan kondisi Virus Covid 19 belum menentu baik di indonesia, Arab saudi maupun di dunia secara global, untuk itu beliau berharap kepada para penghulu dan penyuluh agama untuk dapat  mensosialisasikan kepada masyarakat informasi yang benar sehingga tidak menimbulkan keresahan yang meluas.

Muhammad Aslam, M. Sos.I Penyelenggara Zakat wakaf Kemenag Kota Palopo dalam kesempatannya menyampaikan perihal hasil Pencanangan Gerakan Cinta Zakat dan Penandatanganan MoU Satgas zakat bersama BAZNAS Kota Palopo Senin,03/05/21 yang intinya keterlibatan peran penyuluh agama untuk membantu kerja BAZNAS dalam meningkatkan  pengumpulan dan pendayagunaan zakat di setiap Kecamatan.

Ia menyebutkan bahwa secepatnya dirinya bersama Kasi Bimas Islam akan segera melakukan rapat dengan BAZNAS untuk menindak lanjuti hal tersebut dengan mengikut sertakan Kepala KUA Kecamatan.

Kepala kantor Kemenag Kota Palopo H.M. Rusydi Hasyim mengingatkan kembali kepada seluruh jajaran di KUA Kecamatan untuk mempersiapkan sumber daya dalam menggarap program kampung Quran yang telah  di gagas olehnya dan saat  ini telah menjadi  suatu program yang terintegrasi di dalam program kerja pemerintah kota Palopo yakni kampung KB Qurani.

Kakan Kemenag mengatakan bahwa kampung Quran yang di gagasnya ini merupakan suatu tempat di mana para penyuluh dapat  berperan di dalamnya serta dapat menjadikan objek dalam berimprovisasi yang nanti kedepan dapat menjadi bukti kerja nyata bagi para penyuluh yang mempunyai nilai tambah.

H.M. Rusydi Hasyim juga menyerukan kepada seluruh jajaran yang ada di KUA Kecamatan atas terealisasinya MoU Satgas Zakat bersama BAZNAS kota Palopo agar dapat memberi pencerahan kepada masyarakat tentang pentingnya ber Zakat terkhusus pada zakat Mall/Profesi, ia menyebutkan bahwa masalah zakat itu sebenarnya banyak orang yang telah paham namun belum menyadari akan kewajibannya disitulah para penyuluh agama mengambil peran dalam memberikan pencerahan kepada masyarakat.

Terkait masalah persiapan hari lebaran nanti Kakan Kemenag menginstruksikan untuk mengacu pada surat edaran menteri Agama no.4 tahun 2021 tentang pelaksanaan ibadah di bulan ramadhan dan idul fitri yang harus sesuai dengan protokol kesehatan dengan catatan daerah tersebut tidak termasuk pada zona merah dan orange.(rdp)

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis Rudy
Editor Andi Baly.