Saksi Mata Bom Katedral Makassar Menangis di Depan Kakanwil Kemenag Sulsel

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar, HUMAS SULSEL ~~ Laele, penyuluh agama islam non PNS Kecamatan Mamajang yang merupakan saksi mata bom bunuh diri yang terjadi di depan gereja Katedral Makassar, Minggu (28/3), diundang Kepala Kanwil Kemenag Sulsel ke ruang kerjanya. Senin 29 Maret 2021.

Didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Makassar, HM. Arsyad Ambo Tuo dan Kasi Bimas Makassar H. Tompo serta Kepala KUA Kecamatan Mamajang M. Syahril, Laele menceritakan kronologis detik-detik terjadinya bom bunuh diri yang terjadi ketika dia sedang melintas di depan gereja Katedral yang berlokasi di jalan Kanjaoladido Makassar.

“Awalnya saya pulang ke rumah dari terapi air laut di pantai, saya dijemput oleh istri saya karena saat ini saya belum bisa mengendarai motor karena sakit saya", ucap Laele sambil meneteskan air mata. 

"50 meter mendekati gereja, terdengar ledakan besar sehingga semua kendaraan berhenti di depan. Setelah ledakan saya dan istri menyaksikan banyaknya potongan tubuh yang berserakan di jalan raya.” lanjutnya.

Setelah itu, kata Laele, Ia dan istrinya pun turun dari motor dan menyaksikan rambut serta tulang yang berserakan. Instrinya bahkan tidak kuat melihat serpihan badan disekitarnya, akunya.

"Saya sendiri datang mendekat karena penasaran apa yang terjadi di depan. Sambil jalan saya melihat sudah banyak petugas keamanan datang mengamankan lokasi. Melihat saya berdiri, seorang petugas menghampiri saya dan meminta untuk tinggal karena pak Kapolres mau mewawancarai saya", tutur Laele menambahkan.

Polisi pun menghampiri Laele dan mendata indentitasnya serta menanyakan pekerjaannya. "Saya mengatakan bahwa saya adalah penyuluh agama islam non PNS yang sedang dalam perjalanan mau pulang ke rumah", ungkapnya.

Lebih lanjut Laele menyampaikan bahwa sampai saat ini banyak wartawan dan pihak pemerintah menghubunginya.

Usai mendengarkan cerita Laele, Kakanwil menghiburnya, dan juga mengungkapkan rasa terima kasihnya karena Laele telah membantu pemerintah, utamanya pihak kepolisian dalam memberikan kesaksian di tempat kejadian.

Di depan Laele, Kakanwil mengingatkan bahwa peran penyuluh adalah menjaga kerukunan masyarakat dan membatu pemerintah dalam memberikan informasi.

Kakanwil juga mengingatkan kepada Kakan Kemenag Kota Makassar, Kasi Bimas dan Kepala KUA, agar para penyuluh baik itu PNS maupun non PNS untuk memperhatikan kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada disekitarnya baik itu di masjid ataupun di rumah.

Selain itu, Khaeroni juga mengingatkan untuk tetap proaktif menjaga ketenangan umat setelah kejadian ini agar tetap kondusif dan umat tetap tenang dalam beribadah. (Rzk/AB)


Wilayah LAINNYA