STQH, Salah Satu Solusi Tangkal Paham Radikal

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Sidrap, (Humas Maros) - Maraknya paham radikal dan ekstrim dalam beragama merupakan fenomena yang harus disikapi oleh setiap elemen bangsa. Salah satu solusinya adalah dengan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Quran dan Hadist dalam keseharian hidup umat Islam.

Hal tersebut mengemuka dalam sambutan Kepala Kantor Kanwil Kemenag Provinsi, KH. Khaeroni, M.Si saat pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) ke-32 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Sidrap, Kamis malam (3/6/2021).

“STQH ini merupakan langkah untuk pengamalan nilai Al-Qur’an dan Hadist dalam kehidupan umat Islam untuk menjaga keseimbangan hidupnya. Juga terkait paham pemikiran agama yang ekstrem, radikal dan tekstual yang banyak menjangkiti kehidupan, maka STQH ini merupakan diantara salah satu solusinya”,jelas KH Khaeroni.

Hal ini juga selaras dengan semangat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk membentengi masyarakatnya dari paham-paham radikal yang menyimpang.

Dalam sambutan secara virtual Plt. Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman menegaskan bahwa untuk menciptakan generasi Qur’ani dan membentengi generasi Sulawesi Selatan dari paham radikal, maka program satu hafidz satu desa akan digalakkan.

“STQH ini merupakan momentum untuk  semakin dekat dengan Qur’an dan Hadist untuk membentengi generasi kita dari paham radikal. Ini juga merupakan dasar untuk membangun moral kepemimpinan yang kuat. Kita ingin menciptakan generasi Qurani, masyarakat Madani untuk generasi pemimpin Sulawesi Selatan dan juga Indonesia”,kata Andi Sudirman.

Terdapat hal yang berbeda pada dari sisi jumlah peserta dalam STQH tahun ini. Sebanyak 25 kafilah menjadi peserta, meskipun jumlah kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan berjumlah 24 kabupaten/kota. 

Terdapat tambahan kafilah dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) yang ikut berkompetisi pada ajang tahunan ini.

Tambahan jumlah kafilah ini untuk mengakomodir talenta yang tidak terakomodir dalam kuota kafilah kabupaten/kota untuk ikut berpartisipasi dalam upaya membawa nama baik Sulawesi Selatan.

Acara pembukaan STQH ke-32 ini berlangsung di Halaman Timur Masjid Agung Pangkajene, Kecamatan Maritengngae.

Hadir secara langsung, Ketua DPRD Provisi Sulsel, Syaharuddin Alrif, Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Kesejahteraan Rakyat, Subbidang Keagamaan, H. Suherman, Bupati Sidrap, H. Dollah Mando beserta jajaran, dan Kakan Kemenag Sidrap, Muhammad Idrus Usman. 

Dalam sambutan, Bupati Sidrap menyampaikan rasa bangga dan terimakasih atas kepercayaan sebagai tuan rumah dalam STQH ke-32 tahun ini yang tetap dengan ketat menerapkan protokol kesehatan (ulya S.)


Wilayah LAINNYA