Ajang KSMO Tingkat Nasional, Madrasah Sulsel Peroleh 2 Emas 1 Perunggu

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar, Humas - Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama telah menetapkan pemenang Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2020, dimana sulsel memperoleh 2 medali emas dan 1 perunggu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, H Masykur mengapresiasi siswa siswi Madrasah yang telah mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional tahun 2020 secara Online.

"Alhamdulillah saya bersyukurlah karena madrasah kita mampu mepersembahkan 2 emas 1 perunggu di ajang KSMO tahun ini", ujarnya.

Ia juga menyampaikan terima kasihnya kepada para kepala sekolah dan guru pembimbing, terkhusus sekolah MAN Insan Cendekia Gowa, MTsN 1 Kota Makassar, dan MTsN 1 Kepulauan Selayar, yang telah mengharumkan nama sulsel ditingkat Nasional.

Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah tingkat Nasional tahun 2020 dilaksanakan secara online dan dilakukan melalui Rumah masing-masing Peserta, dengan mengakses Computer Based Test(CBT). Kompetisi ini diikuti 66.778 siswa madrasah se Indonesia.

KSMO adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan Kemenag. KSMO menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sekaligus menumbuh kembangkan budaya kompetisi yang sehat. Serta memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual. 

Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi.

KSMO 2020 hanya dibuka untuk Satuan Pendidikan dibawah naungan Kementerian Agama RI yaitu madrasah mulai dari Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)

Berikut siswa siswi madrasah sulsel yang memperoleh medali di KSMO tingkat Nasional Tahun 2020;

Andi Esse Lamming Pulaweng, Juara 1 bidang Geografi Terintegrasi Jenjang MA, asal sekolah MAN Insan Cendekia Gowa.

Andi Humaerah Maharani Istambul, juara 1 bidang IPA Terpadu Terintegrasi jenjang MTs, asal sekolah MTsN 1 Kota Makassar.

Najwa Salsabila, Juara 3 bidang Matematika Terintegrasi jenjang MTs, asal sekolah MTsN 1 Kepulauan Selayar.


Wilayah LAINNYA