Makassar (Humas Sulsel) Meskipun Kota Makassar sejak semalam diguyur Hujan deras, Suasana Kantor Politeknik Kesehatan Makassar yang beralamat di Jalan Wijaya Kusuma Banta Bantaeng Kota Makassar, sejak pagi sudah dipadati oleh Calon Penerima Vaksinasi Covid-19, Bukan Hanya oleh ASN dari Kanwil Kemenag Prov. Sulsel, tapi juga dari elemen masyarakat lainnya, sebagaimana jadwal yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan.

 

Berdasarkan Jadwal dan Surat Penyampaian yang sudah dikeluarkan oleh Kabag TU H. Fathurrahman atas Nama Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel hari Senin lalu (8/3/2021), dimana isinya memerintahkan seluruh ASN di Lingkup Kanwil Kemenag Prov. Sulsel baik Pejabat maupun Karyawan untuk menjalani Vaksinasi Covid-19 bertempat di Politeknik Kesehatan Makassar pada Hari ini (Rabu, 10 Maret 2021).



Calon penerima Vaksin kemudian menunggu untuk Dipanggil menurut nomor antrian yang sudah diambil sejak tiba, hal ini dilakukan guna menghindari kerumunan di lokasi Vaksinasi.

 

Penerima Vaksin yang sudah dipanggil akan melalui 4 tahapan Screening sebelum dipastikan sebagai Calon penerima vaksin. Screening Pertama adalah Pendataan, Screening Kedua adalah Pemeriksaan Tekanan Darah dan Riwayat Penyakit lainnya, dan screening Ketiga adalah memastikan layak tidaknya Peserta menerima Vaksin, mulai dari Riwayat Covid-19, sampai riwayat penyakit lain yang diangap rentan untuk menerima vaksin, dan ini dilakukan oleh Dokter setempat yang bertugas.

 

Setelah dinyatakan lolos Screening 1,2 dan 3, maka Calon Peserta baru dinyatakan Layak untuk Menjalani Proses Vaksin, bilamana dalam pendalaman pemeriksaan tersebut calon penerima Vaksin dinyatakan belum layak, maka pemberian vaksinnya ditunda sebagaimana anjuran Para Tim Screening, jelas Direktur Politeknik Kesehatan Makassar Agustian Ipa.



Usai divaksin, para Peserta Vaksin kemudian berpindah tempat untuk menunggu penerbitan Kartu Vaksinasi, yang merupakan bukti dan Kartu Kontrol bahwa yang bersangkutan sudah menjalani proses Vaksinasi Tahap Pertama atau kedua.

 

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Sulsel berharap melalui vaksinasi ini diharapkan keadaan bangsa kita segera normal dan pulih secara umum dan khususnya di Sulawesi Selatan dari Virus Covid-19, sehingga perekonomian dan aktivitas sosial segera bangkit dan Bergeliat Normal Kembali.

 

Sejumlah Penerima Vaksin yang sudah disuntik mengaku tidak mengalami efek samping vaksinasi. Seperti yang dikatakan senada oleh Kepala Bidang Penais Zakat Wakaf H. Kaswad sartono dan Kabid Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren H. Mulyadi Iskandar Idy bahkan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Prov. Sulsel Hj. Heni Suwardhani Khaeroni,



“Alhamdulillah Suntikan Vaksin Covid-19 yang pertama ini berjalan dengan baik dan lancar tidak ada keluhan ataupun efek samping dari pemberian vaksin ,” jelas mereka bertiga Kompak

 

Sesuai jadwal dari Dinas Kesehatan Kota Makassar melalui Politeknik Kesehatan Makassar, bahwa jadwal Vaksinasi Covid-19 Tahap kedua bagi ASN Kanwil Kemenag Prov. Sulsel akan di laksanakan pada 14 sampai dengan 28 hari kedepan, informasi soal waktu dan tempatnya akan disampaikan via WhatsApp ke masing masing nomor HP yang sudah dicatat saat registrasi dan screening pertama tadi.



Sementara itu, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Khaeroni yang berada di Jakarta saat dimintai Keterangannya berpesan, meskipun sudah divaksin covid-19, ASN Kemenag Sulsel tetap selalu melaksanakan protokol kesehatan seperti biasa, mengingat tujuan vaksinasi ini bukan sekedar untuk kekebalan individu namun untuk kekebalan kelompok.

 

Pemerintah dan Kementerian Agama mendorong seluruh masyarakat untuk ikut serta mensukseskan pelaksanaan Program Vaksinasi ini melalui pendekatan persuasif dalam menghadapi virus covid-19, Tambah Khaeroni.


Penulis Mawardi, S.Ag

Editor Mawardi, S.Ag.