Berdakwah Dari Pulau Putiangin Ke Puncak Pujananting

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Putiangin, (Humas Barru) - Salah seorang Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kemenag Kab. Barru melakukan giat penyuluhan da'wah billisan dan da'wah bil kitab (ceramah dan kaligrafi masjid).


Dialah Zainuddin, S.Ag, M.Pd, Penyuluh yang kesehariannya bertugas di KUA Kecamatan Pujananting tersebut, memanfaatkan waktu libur akhir pekannya di sebuah Pulau berpenduduk kurang lebih 500 jiwa yang berada di Kecamatan Tanete Rilau.


Pulau tersebut bernama Pulau Putiangin yang warganya 100 persen muslim. Berangkat dengan niat yang tulus, Zainuddin menaiki perahu kecil pada jumat sore menyebrangi lautan untuk mengabdikan diri demi pembinaan keagamaan.


Zainuddin disambut oleh Salahsatu Imam Masjid yang berada di Pulau tersebut, Pak Imam mengaku sangat bersyukur dengan kehadiran Penyuluh Agama Islam dari Kemenag yang bisa diminta untuk berceramah dan kaligrafi masjid di dusun Putiangin.


Selama ini kami jarang mendapatkan kunjungan dari penyuluh agama islam, semoga dengan kehadiran Ustad Zainuddin ini, penyuluh agama lainnya khususnya yang bertugas di Kecamatan Tanete Rilau bisa tergerak hatinya untuk mengambil jadwal penyuluhan tetap di dusun putiangin ini,"harap Puang Imam Masjid Nurul Iman Putiangin.


Tak terasa, hari senin pun tiba, sudah saatnya Zainuddin kembali ke Wilayah tugasnya yang jaraknya sangat jauh diatas gunung sana. Yakni di KUA Pujanantin, (KUA yang dianggap terpecnil yang berada di Kabupaten Barru). disanalah sesungguhnya Zainuddin mengabdikan diri mulai hari senin sampai jumat tiap pekannya. 




Dihari senin (1/3/2021), Zainuddin memiliki jadwal penyuluhan di puncak gunung pujanting tepatnya di dusun palludda desa pattappa. (Zai/top)


Daerah LAINNYA