Cegah Radikalisme, Kasubag TU Kemenag Bone Narasumber Pembinaan Di Kodim 1407 Bone

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Watampone, (Humas Kemenag Bone) – Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone H. Ahmad Yani, S.Ag., M.Ag jadi narasumber pada kegiatan Komsos Cegah Tangkal Radikalisme oleh Kodim 1407 / Bone, Kamis (24/9/2020).

Pelaksanaan kegiatan berlangsung di Aula kodim 1407 Bone Jl. Lapatau, Watampone. Hadir 50 peserta dari tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda, mahasiswa, dan anggota TNI. Peserta disuguhkan materi terkait Indonesia sebagai negara yang plural.

Dipandu oleh Dandim 1407 / Bone, Kasubbag TU Kemenag Bone menyajikan materinya di atas mimbar. Dalam materianya, ia menyampaikan jika Indonesia sebagai negara yang plural, baik suku, bahasa dan agama. Walau bersifa plural, namun harus dimanej supaya tetap terjaga dan terawat, termasuk dari paham radikalisme.


Sementara radikalisme kata H. Ahmad Yani biasanya lahir disebabkan beberapa hal, diantaranya kurangnya pemahaman wawasan kebangsaan, pemahaman keagamaan yang sempit, parsial dan juga disebabkan faktor ekonomi.

Menurutnya untuk menangkal paham radikalisme, dituntut peran semua lapisan masyarakat, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. dengan memberikan pendidikan wawasan kebangsaan, pemahaman keagamaan yang benar dan juga keteladanan.

“Kenapa memberikan pemahaman keagamaan yang benar penting, karena semua agama hususnya yang ada di Indonesia, tidak ada satu pun yang mengajarkan teror, kebencian dan permusuhan. Justru semua agama mengajarkan sikap saling menghormati, saling mencintai, mengajarkan kedamaian dan di dalam ajaran Islam dikenal degan konsep rahmatan Lil Al-Amin”, pungkasnya. (Ahdi)


Daerah LAINNYA