Makassar, HUMAS SULSEL ~~ Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan, Khaeroni didaulat membacakan doa pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022, yang digelar di Hotel Grand Claro, Makassar, Kamis 8 April 2021.

Kegiatan Musrembang RKPD Tahun 2022 yang mengusung tema Inovasi Pemanfaatan Potensi dan Sumber Daya Alam untuk Kebangkitan Ekonomi ini dibuka oleh Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan dihadiri oleh sejumlah bupati dan walikota se Sulawesi Selatan serta unsur Forkopimda Prov. Sulawesi Selatan

Kakanwil yang tampil membacakan doa usai dikumandangkan lagu Indonesia Raya, dalam doanya memohon kehadirat Allah SWT agar kegiatan Musrembang dapat terlaksana dengan baik, dan memohon kiranya para pemimpin di Sulawesi Selatan ini menjadi pemimpin yang mensyukuri nikmat, pemimpin yang bermartabat, pemimpin yang memberikan maslahat, dan pemimpin yang  mensejahteraan rakyat.

Berikut penggalan doa yang dibacakan oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulsel
Ya Rahman Ya Rahim
Dekaplah hamba dengan rahmahMU, tuntunlah hamba dengan hidayahMU, sinarilah hamba dengan cahayaMU, damaikanlah hamba dengan ridhoMU.

Ya Allah... Sejatinya kami tak pantas menjadi pemimpin di Sulawesi Selatan ini. Apadaya Engkau telah mengamanatkan kepada kami. Oleh karena itu ya Allah, jadikanlah kami pemimpin yang mensyukuri nikmat, pemimpin yang bermartabat, pemimpin yang memberikan maslahat, dan pemimpin yang  mensejahteraan rakyat.

Ya Malikul Kuddus Assalam
Bimbinglah kami mewujudkan keadilan dalam kemakmuran. Tuntunlah kami dalam mewujudkan keamanan dalam kenyamanan. Langgengkanlah kekokohan kami dalam bingkai empat pilar kebangsaan.

ALLAHUMMA YA ‘ALIM
Akhirnya ya Allah, berilah kami kemampuan dan kekuatan untuk mengimplementasikan Islam, iman dan ihsan. Tunjukkanlah tarekat yang tepat dalam bersyarikat, untuk mencapai pengetahuan hakikat, hingga diperoleh maqam ma’rifat yang penuh nikmat.
DihadapanMU ya Allah, sungguh tak pantas kami banyak memelas. Namun terlalu naif, jika kami tak memohon maaf secara masif.

Sebelumnya, beberapa saat menjelang acara pembukaan Musrembang ini dimulai, Khaeroni menemui Plt. Gubernur Sulsel di VIP Room Hotel Claro makassar kemudian mendiskusikan beberapa agenda kegiatan keagamaan di Sulsel, termasuk persiapan menghadapi bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah. (AB)

Penulis Andi Baly
Editor Andi Baly.