Luwu, (Inmas_Sulsel) -- Kepala Bidang PD. Pontren Kanwil Kemenag Prov. Sulsel, H. Mulyadi menyampaikan apresiasi yang begitu tinggi atas fasilitasi yang telah diberikan Pemda Kab. Luwu terhadap pondok pesantren yang berada diwilayah Kab. Luwu saat berkunjung ke Pondok Pesantren Attibyan Belopa Kab. Luwu, Kamis (18/02).

Pasalnya, Pesantren yang  terletak di Desa Senga Selatan Kab. Luwu ini telah menerima bantuan 2 ruang kelas baru (RKB) dari pemerintah daerah Kab. Luwu senilai 317 juta yang baru saja selesai pengerjaannya tahun 2020 kemarin dan kini sudah dapat dimanfaatkan oleh tidak kurang dari ratusan santri di pondok ini

Tak hanya itu, bantuan berupa akses jalan masuk pesantren sepanjang ±200meter juga telah rampung dan kini sudah mulai dimanfaatkan, ujar Muammar, salah seorang Pembina dipondok pesantren Attibyan.

Menurut H. Mulyadi, sejak UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren disahkan, dalam melaksanakan fungsinya, pendanaan pondok pesantren Bukan saja menjadi tanggung jawab Kementerian Agama namun juga menjadi tanggung jawab bersama termasuk pemerintah daerah didalamnya yang dapat membantu pendanaan penyelenggaraan pesantren melalui APBD sesuai dengan kewenangan  dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 

Sebelumnya, Kepala Kementerian Agama Kab. Luwu, H. Jufri melaporkan saat ini Pesantren di wilayah kerjanya begitu mendapat perhatian besar baik oleh Kementerian Agama maupun dari Pemerintah Daerah Kab. Luwu.

“Kini, tidak ada lagi mungkin Pondok Pesantren yang tidak mendapatkan bantuan, ada bantuan BOP, bantuan Daring, dan bantuan fasilitas yang tidak dapat kami hitung lagi jumlahnya karena saking banyaknya bantuan yang datang bagi perkembangan dan pelaksanaan fungsi pesantren sebagai Lembaga pendidikan, Dakwah dan juga sebagai Lembaga pemberdayaan masyarakat”. lapornya.


Dalam lawatan kerjanya di Kab.Luwu, Kepala Bidang PD.Pontren, H. Mulyadi juga menyempatkan diri melakukan silaturahmi ke Pondok Pesantren Modern Al Zakiyah Malela Suli Kab. Luwu sekaligus menyerahkan 50 mushaf Al Quran yang berasal dari “Program Wakaf Alquran” Bidang PD.Pontren Kemenag Sulsel disaksikan Kepala Kementerian Agama Kab. Luwu, H. Jufri. (MF)

Penulis Muh. Fadli
Editor Muh. Fadli.