Gandeng UPA, MA YPPI Bulukumba Gelar Workshop Peningkatan TI Dan MoU Kemudahan Akses Pascasarjana

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Bulukumba, (MA YPPI) – Untuk meningkatkan kompetensi guru dan peserta didik di bidang teknologi informasi (TI), Madrasah Aliyah YPPI Bulukumba menggandeng Universitas Patria Artha (UPA) untuk melaksanakan workshop peningkatan kompetensi guru dan siswa dibidang TI selama dua hari, rabu-kamis (23-24/09/2020)

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan UPA di Kabupaten Bulukumba untuk mengup grade pengetahuan pendidik dan peserta didik dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. 

Kegiatan ini turut dihadiri dan disaksikan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Bulukumba, H.Muhammad Yunus, Ketua Kelompk Kerja Pengawas Madrasah Kemenag Bulukumba, Ridwan, Ketua Yayasan Juga Dekan Fakultas Teknik dan Informatika, Serta Wakil Rektor Bidang Akademik Dan Kemahasiswaan Universitas Patria Artha. 

Dalam sambutannya Kasi Penmad sangat bangga dengan kegiatan yang dilakukan oleh MA YPPI Bulukumba, karena masalah kemampuan dibidang TI adalah hal yang sangat dibutuhkan dalam era 4.0 sekarang ini. 

Senada dengan kasi Penmad, Ketua Pokjawas madrasah memberikan apresiasi yang baik terhadap kegiatan tersebut, sebab hal ini merupakan yang pertama kalinya Madrasah melakukan terobosan yang baru dimana peningkatan kompetensi dibidang TI memang hal yang sangat diperlukan apalagi diera pembelajaran daring untuk mencegah penyebaran pandemi covic-19.

Dalam kegiatan workshop ini, Dekan serta pembantu rektor Universitas Patria Artha memberikan materi bagaimana pembelajaran selama masa daring, serta aplikasi yang memudahkan dalam proses pembelajaran daring.

Pada kesempatan ini pula, UPA dan MA YPPI Bulukumba juga sepakat menandatangani MOU. Salah satu poin dari MOU tersebut yakni adanya kemudahan dan potongan biaya kuliah bagi guru MA YPPI Bulukumba yang ingin melanjutkan program Pasca Sarjana di Universitas Patria Artha.

Kepala MA YPPI, Ashadi Cahyadi sangat bersyukur atas bimbingan Dekan dan rombongan dari Universitas Patria Artha, sebab bisa share ilmu yang bisa diaplikasikan dalam proses pembelajaran daring. 

Dalam laporannya, Kepala MA YPPI Bulukumba menjelaskan meskipun sarana dan prasarana madrasah tidak selengkap sekolah lain, MA YPPI Bulukumba telah menorehkan beberapa prestasi, diantaranya pada tahun 2019 menjadi wakil Kemenag Bulukumba diajang KSM mata pelajaran matematika ditingkat provinsi, dan pada tahun 2020 MA YPPI Bulukumba kembali menjadi juara 1 lomba matematika Matrix tingkat kabupaten Bulukumba. 

“bukan itu saja, pada tahun yang sama salah satu pengajar MA YPPI Bulukumba menjadi juara 1 guru berprestasi tingkat kabupaten Bulukumba” terang Kepala Madradah. (cr) 



Daerah LAINNYA