Hari Tasyrik Terakhir, Kanwil Kemenag Sulsel Kembali Sembelih 4 Ekor Sapi

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar, (Humas Sulsel) - Memasuki hari tasyrik terakhir 13 Dzulhijjah 1441 H (Senin,3/8/2020 M), Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulsel kembali melaksanakan penyembelihan 4 ekor sapi qurban. Penyembelihan ini merupakan tahap ketiga, dimana pada hari raya Idul Adha, Jum'at (31/7) telah disembelih 4 ekor sapi, kemudian pada hari Minggu (2/8) disembelih lagi 1 ekor, sehingga total 9 ekor sapi yang diqurbankan oleh pegawai Kanwil Kemenag Sulsel tahun ini.

Penyembelihan sengaja dilaksanakan secara bertahap mengingat aturan protokol kesehatan yang mesti dipatuhi guna menghindari terjadinya kerumunan atau konsentrasi massa sebagaimana arahan Menteri Agama yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 18 tahun 2020.

Tiga tahapan penyembelihan yang dilaksanakan di halaman masjid Al Ikhlas Kanwil Kemenag Sulsel ini disaksikan oleh Kakanwil H.Anwar Abubakar, Kabag TU H.Faturrahman, Kabid PAIS HM.Rasbi, Kabid PHU KH.Kaswad Sartono, Kabid Penais Zakat dan Wakaf H.Rappe, Kabid Urais Binsyar HM.Nasir, Kabid Penmad H.Masykur dan Kabid PD Pontren H.Mulyadi serta sejumlah Kasubag/Kepala Seksi dan para pelaksana lingkup Kanwil Kemenag Sulsel

“Penyembelihan hewan qurban telah menjadi agenda atau rutinitas tahunan Kanwil Kemenag Sulsel. Harapan kita bersama semoga Idul Qurban ini menjadi momentum bagi kita untuk menambah pahala, sekaligus menjadi ritual keagamaan yang dapat menyambung tali silaturahmi dan berbagi dengan masyarakat sekitar”, ucap Kakanwil sesaat sebelum dilakukan penyembelihan.

Secara historis, kata Kakanwil, Idul Adha yang dikenal juga sebagai Idul Qurban adalah ujian Allah SWT atas ketaqwaan Nabi Ibrahim AS dan keikhlasan anaknya Nabi Ismail AS. "Insya Allah motifasi kita dalam berqurban juga karena dilandasi ketaqwaan dan keikhlasan", ujarnya menambahkan.

Adapun proses pengerjaan dan distribusi daging qurban dilaksanakan oleh buruh yang diupah dari pemotongan hewan, dibantu pegawai Kanwil Kemenag Sulsel.

Mengenai penyembelihan hewan qurban, semuanya dilakukan sendiri oleh ASN Kanwil Kemenag Sulsel yang telah berpengalaman, seperti H.Misbahuddin dari Bidang Penais Zakat dan Wakaf serta H.Malingkai dari Subbagian Ortala dan KUB.

Setelah daging qurban didistribusikan kepada yang berhak menerima sesuai kupon yang telah dibagikan oleh panitia, segenap pegawai Kanwil Kemenag Sulsel kemudian santap siang bersama dengan hidangan konro dan coto makassar, tentunya dengan tetap mengindahkan protokol cobid 19. (AB)


Wilayah LAINNYA