Jalan Berliku Menuju MTQ Virtual Tingkat Provinsi Sulsel. Jika Berhasil, Daerah Lain Mencontoh

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar, HUMAS SULSEL - Sejak Kabupaten Pangkajene Kepulauan ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ ke 31 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020, persiapan matang telah dilakukan oleh panitia hingga menjelang hari H tanggal 9 April 2020.

Namun tak dinyana, virus corona mewabah. Tahapan pelaksanaan MTQ yang telah terjadwal dengan rapi akhirnya berantakan. Bahkan berapa kali dilakukan reschedule (penjadwalan ulang) namun belum juga ada tanda-tanda wabah corona ini akan berakhir.

LPTQ Sulsel, Biro Kesra, Panitia Pelaksana dan Kanwil Kemenag Sulsel bertindak cepat. Opsi MTQ virtual pun digelindingkan pada rapat yang digelar di Kantor Kemenag Pangkep 7 Juli 2020.

Akhirnya semua yang terlibat pada ajang dua tahunan ini bersepakat untuk menggelar MTQ ke-31 tingkat Provinsi Sulsel secara virtual dengan mengandeng PT. Telkom dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi dan Kabupaten - Kota se Sulsel untuk menyiapkan perangkat pendukung, seperti jaringan internet dan telepon.

Guna meminimalisir kendala yang kemungkinan terjadi, khususnya gangguan teknis, maka berulangkali diadakan rapat koordinasi di Pangkep dan Makassar hanya untuk menggodok skema atau formula yang tepat agar MTQ virtual ini dapat berjalan dengan baik.

Menjelang pembukaan MTQ virtual tanggal 28 Agustus 2020, seluruh operator yang direkrut dibekali bimbingan teknis, dengan harapan jalannya lomba dapat berlangsung dengan baik dan lancar, terlebih khusus pada bidang teknis yang dianggap sangat vital karena terkait dengan perangkat jaringan internet berikut aplikasi pendukung yang akan digunakan.

Keberanian Pemprov Sulsel menggelar MTQ Virtual ini mendapat apresiasi dari daerah lain, bahkan beberapa provinsi telah mengutus tim ke Makassar untuk melakukan study banding guna mempelajari persiapan Sulsel menggelar MTQ virtual ini.

Untuk diketahui bahwa dari 34 provinsi se Indonesia, terdapat 19 provinsi yang belum menggelar MTQ tingkat provinsi akibat pandemi covid 19, sementara perhelatan ini amatlah penting untuk merekrut para qori dan qoriah serta hafidz dan hafidzah menuju MTQ Nasional di Padang akhir tahun ini.

Berikut jadwal pelaksanaan MTQ ke-31 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan:

@.Rabu - Kamis, 26 s.d. 27 Agustus
2020, pukul 09.00 – 21.00 Verifikasi virtual peserta di Ruang Rapat Wakil Bupati Pangkep.

@.Jumat 28 Agustus 2020 pukul 16.00 – selesai Penerimaan, Pelantikan dan Rapat Dewan Hakim di Rujab Bupati Pangkep.

@. Jumat 28 Agustus 2020 pukul 19.30 – 22.00 Upacara Pembukaan secara virtual di Kantor Bupati Pangkep.

@. Sabtu - Selasa, 29 Agustus s.d.
1 September Pukul 8.00 - 20.00
2020 08.00 – 20.00 Pelaksanaan Lomba

@. Rabu 2 Agustus 2020 pukul 09.00 - selesai Rapat Dewan Hakim ttg penentuan juara di Ruang Rapat Wakil Bupati Pangkep

@. Rabu 2 Agustus 2020 pukul 13.30 – selesai Upacara Penutupan secara virtual Kantor Bupati Pangkep


Wilayah LAINNYA