dana toto slot resmi dana toto slot resmi
Kakan Kemenag Barru Membawakan Materi pada Refreshing Dai

Kakan Kemenag Barru Membawakan Materi pada Refreshing Dai

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Barru, (Humas Barru) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barru, Dr. H. Jamaruddin, M.Ag, memberikan materi pada kegiatan Refreshing Da’i yang dilaksanakan oleh Baznas Kab. Barru, Senin (12/4/2021), di Lantai 6 MPP Barru Tower.

Kegiatan pembekalan Da’i dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan 1442 Hijriah itu, diikuti sebanyak 100 peserta dari unsur Muballigh, Kepala KUA, Penghulu, Penyuluh Agama Islam, Ormas NU, Muhammadiyah, dan Perguruan Tinggi.

Dalam materinya, Kakan Kemenag H. Jamaruddin, mengimbau kepada seluruh muballigh se Kabupaten Barru menyampaikan dakwah dengan rahmatan lil alamin, dengan bahasa yang sejuk.

“Kami titip kedapada Dai, didalam berdakwah, mari kita gunakan pendekatan bahasa seperti Qaulan layyina (Seruan lemah lembut), Qaulan Baligha (Seruan yang berbekas), Qaulan Kariima (Seruan yang mulia), dan Qaulan Sadiida  (Seruan yang benar/lurus), sehingga orang akan mudah untuk menerima apa yang disampaikan,” pungkasnya.

Teman-teman da’i juga diharapkan bisa menyampaikan esensi kemanusiaan ditengah umat, dalam rangka mengawal dan menjaga NKRI. 

Kemudian untuk Para Penyuluh Agama Islam yang juga berprofesi sebagai muballigh, melalui kesempatan ini, kami mengajak teman-teman penyuluh untuk menjadi satgas zakat, apapun temannya kita gunakan sedikit pembahasan terkait zakat beserta regulasinya, terkait fiqih zakat ke masyarakat, kita harus mengubah mindset masyarakat bahwa zakat itu tidak merugikan , zakat itu al-baraqah,”pinta Kakan Kemenag.

Sebelumnya, H. Jamaruddin dihadapan sejumlah peserta yang merupakan Penyuluh, kembali mengingatkan tugas Pokok Penyuluh Agama, yakni Membimbing Umat dalam menjalankan ajaran agama dan Menyampaikan gagasan-gagasan pembangunan kepada masyarakat dengan menggunakan pendekatan bahasa agama. Ia juga mengigatkan empat fungsi Penyuluh Agama Islam, yakni Fungsi Informatif, Fungsi Edukatif  (Soko Guru), Fungsi Konsultatif, dan Fungsi Advokatif.(top)


Daerah LAINNYA