Makassar, HUMAS SULSEL -  Sebagai bentuk komitmen dalam upaya pencegahan virus Covid 19, sekaligus menjadi contoh bagi pelaksanaan vaksinasi di masa pandemi di Indonesia, maka Presiden Joko Widodo bersedia menjadi orang pertama yang menerima vaksin covid 19 di Indonesia (13/1).


Sehari setelahnya, di Sulawesi Selatan dicanangkan (launching) pelaksanaan vaksinasi oleh Gubernur Sulawesi Selatan Prof Dr. Nurdin Abdullah, M.Agr di RSUD Dadi Makassar, Kamis 14 Januari 2021.

Gubernur Nurdin Abdullah, berdasarkan pemeriksaan Tim Medis Covid dinyatakan tidak bersyarat untuk menerima vaksin walau dalam kondisi sehat, sehingga yang menjadi orang pertama menerima vaksin Covid-19 di Sulsel adalah Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama  Provinsi Sulawesi Selatan, Drs KH Khaeroni, M.Si mendapat giliran kedua yang menerima vaksin Covid-19 setelah beberapa pejabat publik dinyatakan tidak bersyarat.


"Alhamdulillah sejak adanya pandemi covid memang saya menunggu-nunggu untuk dapat divaksin, sehingga tidak ada perasaan khawatir sedikit pun” , ucap KH.Khaeroni ketika diwawancarai oleh awak media sesaat setelah menerima vaksin.

Lebih lanjut mantan Kepala Biro IAIN Kendari dan Salatiga ini menjelaskan dari aspek hukum Islam. “Dalam pandangan saya, pelaksanaan vaksinasi covid ini hukumnya wajib bagi umat beragama dengan dasar pencegahan secara dini terhadap penyakit mematikan yang dilakukan oleh pemerintah dan sudah memperoleh fatwa halal dan suci oleh MUI", terangnya.

Khaeroni dalam testimoninya juga mengharapkan kepada seluruh tokoh agama, pimpinan ormas, majelis agama, pimpinan pesantren dan  pejabat serta keluarga besar Kementerian Agama di Sulawesi Selatan untuk menjadi pelopor dan contoh bagi umat beragama sekaligus ikhtiar untuk menyukseskan program pemerintah dalam melaksanakan vaksinasi covid secara menyeluruh di masa pandemi.


Hadir pula dalam acara pencanangan pelaksanaan vaksinasi covid -19 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang mengangkat tema “wujudkan masyarakat Sulawesi Selatan yang sehat dan produktif dengan vaksinasi covid-19" ini, antara lain Ketua DPRD Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Kapolda Sulsel, Kajati Sulsel, pimpinan majelis dan ormas keagamaan, Sekda Pemprov, Pj. Walikota Makassar; serta Kabid Haji dan Umrah Kemenag Sulsel Dr. H. Kaswad Sartono yang didaulat memimpin doa. (List/AB)

Penulis Andi Baly
Editor Andi Baly.