Kakanwil Kemenag Sulsel Buka MTQ Pramuka Pertama di Dunia

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar, HUMAS KANWIL - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) I Pramuka tingkat Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2020 resmi dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan H. Anwar Abubakar di Aula Dasadarma Kantor Kwartir Daerah Pramuka Sulawesi Selatan, Sabtu 12 September 2020.

MTQ Pramuka pertama se Sulawesi Selatan yang mengangkat tema Mewujudkan Generasi Pramuka Cinta Al Quran ini diikuti oleh 66 peserta, yang terbagi dalam dua tingkat perlombaan, yaitu tingkat Siaga - Penggalang dan Penegak -Pandega.

Wakil Ketua Kwartir Daerah Pramuka Sulawesi Selatan, Tautoto Tanaranggina yang bertindak sebagai Ketua Panitia melaporkan bahwa MTQ Pramuka ini merupakan MTQ Pramuka Pertama di Indonesia dan Inn shaa Allah akan menjadi rujukan seluruh Kwartir Daerah dan Nasional. 

"Tujuan pelaksanaan MTQ ini karena Pramuka sebagai organisasi pendidikan yang bertujuan untuk meningkatkan penghayatan pada kitab suci. Selain itu, untuk meningkatkan ukhuwah islamiah serta memberikan wadah bagi para Pramuka", ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dari 66 peserta, 33 merupakan peserta tingkat Siaga-Penggalang dan 33 lainnya merupakan peseta tingkat Penegak-Pandega. "Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan di seluruh indonesia", tutup Tau Toto.


Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sulsel dalam arahannya selaku Dewan Pembina Kwartir Daerah menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan ini.

"MTQ Pramuka pertama ini sangat luarbiasa karena ini MTQ Pramuka pertama yg ada di dunia. Alhamdulillah karena dalam kondisi Covid-19 kita masih dapat melaksanakan MTQ Pramuka walaupun secara virtual", ucapnya.

"Karena cinta pada Alquranlah yang menjadikan kita lebih bersemangat melaksanakan MTQ ini. Selain menjadi pembinaan generasi qurani, kita juga berharap MTQ ini bisa menjadi rujukan MTQ pada umumnya", sambungnya.

Kakanwil lantas menukil hadist Bukhari - Khairukum man ta’allamal Qur’aana wa ‘allamahu (HR Bukhari), yang artinya sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya.


"Bahwa dengan MTQ ini kita dapat kembali kepada alquran karena pada akhirnya memang kita harus kepadanya. Semoga MTQ Pramuka ini bisa dimasukkan dalam agenda bersama", harap Kakanwil.

Pada acara pembukaan ini, Kakanwil Kemenag Sulsel juga melantik tiga dewan hakim yang akan menjadi tim penilai selama pelaksanaan MTQ dan juga mengalungkan Id card kepada dua orang peserta yang akan berlomba. (Rzk/AB)


Wilayah LAINNYA