Barru, ( Humas Barru ) - Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Barru, H. Muhlis Hakim, S.Pd.I,.M.Pd,MM, mengikuti kegiatan Bimtek Penerapan EDM (Evaluasi Diri Madrasah) dan e-RKAM (Elektronik Rencana Kerja Anggaran Madrasah) Tingkat Tim Inti Kabupaten ( TIK ) Batch 3 ( Wajo, Pare-pare, Barru, Soppeng,  Sidrap, Bone ) yang dilaksanakan secara daring (online) di ruang Penmad, Senin (16/11/2020). Kegiatan bimtek ini dibuka langsung oleh Menteri Agama RI dan pada kesempatan kali ini, Kepala Seksi Kelembagaan dan Sistem Informasi Kanwil Kemenag Prov.Sulsel, H. Saenong, Lc, MA berkesempatan memaparkan materi terkait madrasah khususnya di Sulawesi Selatan. 

Kegiatan yang dilaksanakan hingga hari jumat, ( 20/11/2020 ), merupakan salah satu proyek Realizing Education Promise, Madrasah Education Quality Reform (REP_MEQR) dan tidak semua provinsi dapat menjadi piloting karena yang terpilih hanya 12 provinsi saja. Pada kesempatan kali ini, Provinsi Sulawesi Selatan masuk sebagai salah satu provinsi yang menjadi piloting dan merupakan suatu  kebanggaan bersama karena bisa terlibat pada pilot project REP_MEQR ini.

Ditemui pada sesi break, Kasi Penmad, H. Muhlis Hakim kepada Humas Kemenag Barru mengatakan, bimtek e-RKAM dan EDM tersebut merupakan langkah awal Kementerian Agama yang rencananya akan menerapkan sistem elektronik Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (e-RKAM) dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tahun 2021,"ujarnya.

Lebih lanjut mantan Kepala MIN Barru tersebut, memaparkan bahwa Keberadaan e-RKAM bertujuan untuk meningkatkan kualitas belanja BOS. Maka, target akhir sistem e-RKAM ini adalah peningkatan efisiensi dan efektifitas belanja dan pelaporan BOS.,"jelasnya. (top)

Penulis Taufan Setiawan
Editor Andi Baly.