Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kemenag Selayar Bicarakan Solusi Pembayaran Haji Bersama Kepala Pegadaian Selayar

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Kepulauan Selayar (Humas Benteng) Kepala Sub. Bagian Tata usaha Kementerian Agama Kepulauan Selayar, Firman pagi tadi menerima kunjungan silaturrahim Kepala Pegadaian Kabupaten Kepulauan Selayar, Ari Pakhmuddin di ruang kerjanya pagi tadi. (Senin, 15/06/2021)

”Kedatangan Kami bersama rombongan ke Kantor Kementerian Agama hari ini, selain sebagai bentuk silaturrahim juga dalam rangka mensosialisasikan beberapa produk pegadaian kepada jajaran Kementerian Agama. ” ujar Ari kepada kabag. Tata Usaha Kementerian Agama.

Masih menurutnya, Pegadaian Selayar saat ini dapat membantu masyarakat dalam memperoleh nomor porsi pemberangkatan haji, pengadaan kendaraan motor, pengadaan kendaraan mobil, dan lain-lain.

Kepada Kepala Kantor Pegadaian, Firman mengatakan bahwa kendala terbesar yang dihadapi saat ini bagi para pendaftar haji adalah mengenai pembayaran.

”semenjak disatukannya keuangan syariah di bawah Bank Syariah Indonesia, maka sejak beberapa waktu lalu Bank Rakyat Indonesia (BRI) tidak lagi melayani pembayaran haji.” Ujar Firman kepada Kepala Pegadaian.

Lebih lanjut, Firman menjelaskan bahwa dengan adanya kebijakan seperti itu, maka pendaftar haji asal Kabupaten Selayar, bahkan yang berasal dari Kecamatan kepulauan harus berangkat ke Kabupaten Bulukumba untuk melakukan pembayaran haji. Hal tersebut dilakukan karena hanya di sana terdapat Bank Syariah.

Menanggapi keluhan Kementerian Agama dalam hal pembayaran haji, Ari Pakhmuddin mengatakan,

”Pegadaian telah mengadakan kerjasama dengan Bank Mega Syariah dalam beberapa hal, termasuk di antaranya adalah pelayanan pembayaran haji. Bahkan pekan lalu, kami juga sempat melayani pembayaran haji yang dilakukan oleh warga masyarakat selayar.”

Sebagai tindak lanjut pertemuan, maka insya Allah dalam waktu dekat Pihak Pegadaian akan hadir di Kementerian Agama untuk mengadakan sosialisasi dan juga kerjasama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar. (Myr)

 


Daerah LAINNYA