KSM Tingkat Nasional Dibuka Secara Resmi Oleh Menag RI Melalui Virtual

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar. (Humas Kanwil). Kegiatan Kompetisi Sains Madrasah tingkat nasional resmi dibuka pada Sabtu (23/20/2021) oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas secara virtual zoom di Jakarta. Lomba KSM tingkat nasional ini dimulai pada 24-25 Oktober 2021.

Peserta beserta pembimbing dari provinsi Sulawesi Selatan  juga turut mengikuti acara pembukaan KSM tingkat nasional tersebut melalui zoom meeting bersama dengan Kepala kantor wilayah Kemenag Sulsel, Kabid Penmad dan seluruh Kepala Seksi yang ada di bidang Penmad, 7 Kepala kantor Kemenag kabupaten/kota yang siswa madrasahnya berhasil melaju ke tingkat nasional beserta para Kepala Seksi Penmadnya.


Kabid Penmad H.Rappe dalam laporannya dihadapan para undangan menyampaikan bahwa tahun lalu Sulsel masuk peringkat 7 nasional dalam Kegiatan KSM dan berharap semoga tahun ini lebih baik lagi. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa peserta KSM yang berhasil melacu ke tingkat nasional mewakili Sulsel tahun ini 98% di dominasi peserta dari madrasah swasta.

Di tempat yang sama Kepala Kanwil Kemenag Sulsel H.Khaeroni mengatakan bahwa sudah sewajanyalah para siswa-siswi madrasah mempelajari sains terintegrasi, sebab di dalam Al Qur'an terdapat lebih 60% ayat-ayatnya membahas mengenai sains. Kakanwil juga menyampaikan agar Kakankemenag di harap memetakan potensi-potensi yang dimiliki madrasah dalam hal ini para siswanya. Kepala madrasah harus merekayasa sedemikian rupa sehingga alumninya memiliki keahlian yang berguna bagi bangsa dan negara ini.

Lebih lanjut beliau berpesan agar  madrasah negeri di Sulsel jangan tidur terlalu lama karena jika terlelap, maka madrasah swasta yang akan melangkah jauh dalam hal prestasi, seperti pada KSM tingkat nasional tahun ini peserta dari Sulsel didominasi dari siswa-siswi madrasah swasta. Di akhir arahannya H.Khaeroni berharap agar siswa-siswi madrasah negeri maupun swasta bisa terus meningkatkan prestasinya demi kemajuan madrasah hebat, madrasah bermartabat.(Ryf).


Wilayah LAINNYA