MAN Tana Toraja Gelar Acara Penamatan 78 Siswa, 12 Diantaranya Bebas Tes Masuk PTN

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makale (Humas MAN Tana Toraja) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tana Toraja menggelar acara penamatan siswa tahun ajaran 2020-2021, Senin 14 Juni 2021. 


MAN Tana Toraja berhasil menamatkan sebanyak 78 siswa, 12 diantaranya dinyatakan bebas tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) diantaranya 1 Siswa lulus di Fakultas Kedokteran atas nama Nurafni di Universitas Tadulako Palu, 3 Siswa lulus di Universitas Negeri (UNM) Makassar, 4 Siswa lulus di Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, 4 o+siswa lulus di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo dan 1 siswa lulus di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare.


Acara penamatan siswa MAN Tana Toraja dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Tana Toraja yang diwakili oleh Bapak Muh Sabir, M.Pd.I, Ketua Komite bp H. Achmad Toago , S.Pd I, para Pengawas Madrasah dari Kantor Kemenag Tana Toraja dan perwakilan orang tua siswa yang bebas tes masuk PTN, Para Guru, pegawai dan alumni MAN Tana Toraja. 


Penamatan tahun ini dilaksanakan secara khusus dan spesial dengan nuansa wisudah dengan susunan acara diawali dengan pembacaan kitab suci Al Qur'an, menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan Mars Madrasah, Sambutan pembukaan oleh Kepala MAN Tana Toraja, Pengalungan Pin alumni oleh Kepala Madrasah, penyerahan Surat Keterangan Lulus, Penyerahan piagam penghargaan kepada siswa yang memperoleh nilai tertinggi ujian madrasah. 


Dalam Sambutan Kepala MAN Tana Toraja Drs. Sampe Baralangi. M.Sc. menyampaikan sejumlah prestasi yang diraih oleh siswa yang tamat diantaranya yaitu 12 siswa yang bebas tes masuk PTN. 


Kepala MAN Tana Toraja optomis kedepannya MAN Tana Toraja akan tetap mengukir prestasi karena didukung oleh tenaga pendidik yg kompeten pada bidangnya masing masing-masing dimana 2 tahun terakhir MAN Tana Toraja memiliki tambahan 12 tenaga Guru PNS sehingga jumlah Tenaga Guru PNS di MAN Tana Toraja sebanyak 18 orang dan GTT 23 orang sehingga total 41 orang tenaga pendidik dan tenaga kependidikan bahkan 8 diantaranya berpendidikan Master (S2). 


Kepala MAN Tana Toraja juga menyampaikan capaian yang diraih oleh Guru MAN diantaranya adalah seleksi guru fasilitator daerah dan provinsi dimana MAN Tana Toraja memiliki 4 orang fasilitator daerah dan 2 orang fasilitator provinsi sementara 2 orang lainnya sementara menunggu pengumuman.


Sampe Baralangi juga bertekad untuk menyambut dan mencanangkan Madrasah Digital sebagaimana yang telah dilaunching di Sulsel dalam rangka memacu prestasi di MAN Tana Toraja.


Ketua komite mengapresiasi prestasi yang diraih oleh siswa dan mendorong untuk tetap ditingkatkan bahkan kalau perlu kuliah di luar negeri seperti yang diraih oleh salah seorang alumni 3 tahun yang lalu yang lulus kuliah ke Cina. 


Komite Sekolah berkomitmen dan siap untuk membantu terlaksananya pendidikan yg berkualitas di MAN Tana Toraja.


Kepala kantor kementerian agama Tana Toraja yang diwakili oleh Bapak Muhammad Sabir dalam sambutannya mendorong dan memberikan tantangan kepada para Guru dan pegawai serta seluruh stakeholder yang ada di MAN Tana Toraja agar dapat memberikan kepastian capaian prestasi yang akan diperoleh oleh siswa yang akan masuk di MAN seperti yang dilakukan oleh sekolah-sekolah maju yang ada di Makassar seperti SMA Cendrawasi. 


Daerah LAINNYA