Pangkep, HUMAS.SULSEL - Harapan untuk mengembalikan kejayaan kafilah Sulawesi Selatan pada MTQ tingkat nasional disampaikan Kakanwil Kemenag Sulsel H.Anwar Abubakar dalam sambutannya pada acara penutupan MTQ ke 31 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Kab. Pangkajene dan Kepulauan. Rabu, 2 September 2020.

"Pada tahun 2005 di Banten kita masuk peringkat 5 besar. Kemudian di Bengkulu tahun 2010 kita berada di peringkat ke 7. Kita berdoa pada MTQ di Padang Sumatera Barat kita bisa mengulang prestasi ini", harap Anwar Abubakar.



"MTQ virtual ini menjadi kebanggaan tersendiri karena dapat berjalan dengan aman, nyaman dan lancar. Semoga ada berkahnya sehingga kesuksesan di Pangkep ini dapat terulang kembali pada tingkat nasional", ujarnya menambahkan.

Mengenai pelaksanaan MTQ virtual yang dipusatkan di Kantor Bupati Pangkep ini, Anwar Abubakar menyampaikan apresiasi khusus kepada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta panitia lokal yang dinilainya telah berusaha semaksimal mungkin sehingga MTQ virtual ini dapat berjalan dengan lancar.

"Banyak yang kuatir soal jaringan. Untuk itu saya ucapkan terimakasih kepada Kominfo dan panitia yang telah bekerja dengan baik sehingga tidak ada kendala jaringan mulai dari awal hingga penutupan", kata Anwar Abubakar.

Pada kesempatan ini, Kakanwil Kemenag Sulsel juga mengimbau kepada pemerintah Kab./Kota lainnya agar mencontoh Pemda Pangkep yang menjanjikan hadiah umrah bagi setiap pesertanya yang meraih juara satu pada MTQ ke-31 ini.

Imbauan Kakanwil ini juga menjadi atensi Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ketika menyampaikan sambutan dan arahannya sebelum menutup MTQ XXXI ini secara resmi.



"Masak lomba-lomba yang lain hadiahnya besar-besar sementara untuk kegiatan syiar islam hadiahnya kecil-kecil. Bahkan infrastruktur bisa kita biayai ratusan miliyar sementara hadiah untuk kegiatan seperti ini tidak bisa", ungkap Wagub.

Namun menurutnya, Kabiro Kesra H. Suherman telah menjanjikan sebuah rumah bagi kafilah Sulawesi Selatan yang bisa menjuarai MTQ ke-28 tingkat Nasional di Padang bulan November 2020.

Secara khusus Andi Sudirman Sulaiman menyoroti tentang persiapan kafilah yang akan mewakili Sulsel ke Padang pada MTQ Nasional.

"Kita akan lakukan karantina. Fokus pada latihan, perbanyak latih tanding dan tidak usah ambil pemain luar. Cukup kita datangkan pelatih yang bagus", pungkasnya.



Berikut daftar peringkat 10 besar perolehan medali pada pelaksanaan MTQ ke-31 Tingkat Provinsi Sulsel yang dilaksaksanakan secara virtual sejak tanggal 28 Agustus s.d 2 September 2020 :
1. Kab. Luwu Timur
2..Kota Makassar
3..Kab. Pangkep
4. Kab. Maros
5. Kab. Pinrang
6. Kab. Bone
7. Kab. Wajo
8. Kab. Luwu
9. Kab. Enrekang / Sidrap
10. Kab. Barru (AB)

Penulis Andi Baly
Editor Andi Baly.