Pembukaan Kegiatan Bimbingan Rohani Kerjasama Kemenag Tana Toraja dan Rutan Makale

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makale (Humas Tana Toraja) - Kantor Kementerian Agama Tana Toraja dan Rutan Kelas IIB Makale kembali melanjutkan kerjasama dalam rangka bimbingan rohani Warga Binaan Rutan Kelas IIB Makale. Kerjasama ini sudah berlangsung sejak tahun 2020 dan tahun 2021 kembali dilanjutkan. 


Pembukaan kegiatan bimbingan rohani warga binaan Rutan Kelas IIB Makale digelar Selasa 15 Juni 2021 di halaman ruang tahanan Rutan Kelas IIB Makale. 


Kepala Kantor Kemenag Tana Toraja yang diwakili oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Tana Toraja H. Ruslin M Said memberikan sambutan mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Tana Toraja dalam Acara pembukaan bimbingan warga binaan. 


Dalam sambutannya H. Ruslin M Said berharap agar semua warga binaan di Lapas Makale mengikuti kegiatan pembinaan secara serius dan bersungguh - sungguh sehingga nantinya saat kembali ke masyarakat bisa diterima dengan baik oleh keluarga dan masyarakat.


Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIB Makale Luther Toding Patandung juga berharap agar ada perubahan mental para warga binaan selepas dari rutan setidaknya bisa baca tulis Al Qur'an dan Imam Shalat bagi yang Muslim dan bisa memimpim ibadah bagi yang Kristen. 


Kegiatan pembukaan bimbingan rohani digelar dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. 


Hadir dalam kegiatan Kasi Bimas Kristen Kemenag Tana Toraja, Penyelenggara Katolik bersama Penyuluh dan Kepala KUA Makale. 


Diakhir acara pembukaan pelatihan bimbingan rohani, H. Ruslin M Said mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Tana Toraja menyerahkan Al Qur'an dan buku renungan serta buku bacaan kepada Kepala Rutan Kelas IIB Makale Luther Toding Patandung. Sementara Kepala Rutan menyerahkan cinderamata buatan warga binaan kepada Kemenag Tana Toraja berupa Jam dinding bermotiv ukiran Toraja. 


Kerjasama antara Kementerian Agama Tana Toraja dan Rutan Kelas IIB Makale adalah pendampingan dan bimbingan keagamaan yang akan diberikan oleh Kementerian Agama Tana Toraja melalui penyuluh Agama baik Islam Kristen maupun Katolik kepada warga binaan di Rutan Makale. (Ars)


Daerah LAINNYA