dana toto slot resmi dana toto slot resmi
Penyuluh Agama KUA Turikale Maros Ikuti Penguatan Fungsi Keagamaan Kampung KB Lintas Sektoral

Penyuluh Agama KUA Turikale Maros Ikuti Penguatan Fungsi Keagamaan Kampung KB Lintas Sektoral

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Maros, (Humas Maros) - Pokja Kampung KB Kecamatan Turikale mengadakan Lokakarya Mini di Masjid Baitul Akbar Pacelle, salah satu masjid pusat kegiatan keagamaan Kampung KB Kec. Turikale, Jumat ((16/10/20). Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan KUA Kecamatan Turikale, dua penyuluh agama Husrina, S.Ag., M.Th.I, dan Aisyah, S.Ag.

Kepala Bidang Pembinaan Penggerakan pada Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Muhammad Said Jalil, S.Kes, M.Kes., menjelaskan Pokja Kampung KB meliputi 8 fungsi yakni; fungsi keagamaan, fungsi Kasih Sayang, fungsi perlindungan, fungsi Sosial Budaya, fungsi Reprokduksi, fungsi Sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi dan fungsi fingkungan. Semua fungsi ini menurut Said Jalil, terintegrasi satu sama lainnya. Fungsi kampung KB ini melibatkan stakeholder dari dinas dan kementerian terkait sesuai fungsi dan bidang tugas masing-masing.

Khusus fungsi keagamaan KUA Kec. Turikale Kementerian Agama Kab.Maros dilaksanakan oleh Penyuluh Agama Fungsional sesuai dengan tugas fungsi masing-masing, antara lain Koordinator fungsi keagamaan Drs. Abd. Mannan, M.Pd., Pembina Keagamaan Dewasa/Usila Husrina, S.Ag., M.Th.I dan Pembina Keagamaan Paud Aisyah, S.Ag.

Menurut Koordinator Kampung KB Kecamatan Turikale Hanapiah Akib, SE., ada tiga pembinaan dalam Pembinaan Kampung KB yang biasa dikenal dengan Tribina (Bina Keluaga Balita, Bina Keluarga Remaja, dan Bina Keluarga Lansia). Sasaran program Tribina ini adalah bagaimana keluarga bisa membina, mengarahkan serta mengurus 3 komponen usia dalam keluarganya.

Bina Keluarga Balita yakni bagaimana menyapih, memperhatikan pertumbuhan anak balita dalam keluarganya agar asupan gizinya selalu terjaga, pertumbuhan balitanya sehat, serta bagaimana orang tua memberi kasih sayang yang penuh kepada anak, perhatian terhadap tumbuh kembang anaknya agar anak menjadi kreatif untuk mengembangkan kecerdasanya, menjadi generasi yang unggul masa depanya, anak cerdas dan taqwa kepada Tuhan,  Bina Keluarga Remaja  yakni bagaimana mendidik dan mengarahkan anak remajanya agar tidak terpengaruh oleh lingkungan yang buruk, serta Bina Keluarga Lansia bagaimana menghadapi, melayani dan mengurusi orang tua (lansia) dalam rumah tangganya.

Ranah penyuluh agama dalam delapan fungsi Kampung KB di atas adalah pelaksana sebagian tugas pemerintah dalam bahasa agama- selain sebagai educator, juga sebagai motivator serta konselor dengan misi spirit keagamaan. Pembina Keagamaan Dewasa/Usila Husrina, S.Ag., M.Th.I mengungkap, langkah kongkrit dalam waktu dekat ini penyuluh Kemenag Maros akan melaksanakan pelatihan Penyelenggaraan Jenazah bagi Imam se-Kelurahan Raya. (dlf/hms).


Daerah LAINNYA