Jakarta (Humas Sulsel) Peringatan Nuzulul Qur'an (Hari Diturunkannya Al-Qur'an) Tingkat Kenegaraan akan dihelat di Aula HM. Rasjidi Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pusat, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (29/4/21) malam. Tema yang diusung pada peringatan Nuzulul Qur'an tahun 2021 adalah Al-Qur'an dan Spirit Perdamaian.

"Ramadan sebagai bulan Al-Qur'an sebagaimana disebutkan di Surat Al-Baqarah Ayat 185 layak diperingati. Peringatan Nuzulul Qur'an ini merupakan ungkapan syukur kepada Allah yang membimbing umat manusia melalui Kitab Suci Al-Qur'an," ungkap Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Juraidi, saat ditemui di ruangan kerjanya, Kantor Kemenag Pusat, Jl. MH. Thamrin, Jakarta, Kamis (29/4/21).

Peringatan Nuzulul Qur'an ini akan menghadirkan Pakar Ilmu Qiraat, Kiyai Haji Ahsin Sakho Muhammad dan Qari/Qariah Terbaik pada MTQN XXVIII Tahun 2020 di Padang Provinsi Sumatera Barat, Ustaz Abdulah Fikri dari Sumatera Barat dan Ustazah Rofiatul Muna dari Jawa Timur.

 "Al-Quran berisi petunjuk untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Untuk memperoleh petunjuk dari Al-Quran perlu ada upaya menggalinya. Nuzulul Qur'an kali ini kita jadikan momentum untuk lebih dekat dengan Al-Quran," tambahnya.

Juraidi menambahkan, acara akan didahului dengan persembahan Salawat Al-Quraniyah oleh IPQAH (Ikatan Persaudaraan Qari Qariah dan Hafizh Hafizhah) Provinsi DKI Jakarta.

"Semoga kita akan mendapatkan pertolongan dari Rasulullah dan pembelaan dari Al-Qur'an di Hari Kiamat," tambahnya.


Peringatan yang dihelat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat ini akan dilangsungkan secara daring dan luring. Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan hadir secara luring. Sedangkan Wakil Presiden, KH. Ma'ruf Amin akan menyampaikan sambutan secara virtual.

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Kenegaraan ini akan diakhiri dengan pembacaan doa oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Rabithah Alawiyah, Jakarta, Habib Zein Bin Umar Bin Smith. (Rilis Humas)

Penulis Mawardi, S.Ag
Editor Mawardi, S.Ag.