Gowa, Humas -  Selama masa Pandemi Covid-19, para Santri Pesantren Sultan Hasanuddin terpaksa harus meninggalkan Pondok dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dari rumah masing-masing.


Meskipun berada jauh dari Pondok, namun para Santri tetap terpaut dengan tradisi dan kebiasan rutin Pondok. Salah satunya adalah tadarrus Al Qur'an.

Dalam masa Belajar Dari Rumah ini, setiap hari Kamis ba'da Maghrib sampai hari Jum'at keesokan harinya para Santri dihimbau untuk membaca Surah Al Kahfi.

Sebagai bentuk pengawasan dan pemantauan kegiatan Santri di rumah, Pihak Pondok melaksanakan kegiatan Sima'an Online. Sima'an sendiri merupakan tradisi Pondok dimana seorang atau beberapa orang membaca atau menghafalkan ayat-ayat Al Qur'an dan didengarkan dengan seksama.

Pada Kamis ba'da Maghrib dan berlanjut setelah Isya, tanggal 19 November 2020, Sima'an Online berlangsung dengan khidmat. Kegiatan ini dipandu oleh Ustadz Bahrun dan bersifat volenter, yaitu tidak merupakan kewajiban bagi Ananda Santri. Cukup yang merasa siap saja yang mengajukan diri untuk melaksanakan Sima'an Online ini yang akan dihubungi lewat aplikasi Whatsapp dengan pemnafaatan fitur Video Call.

Insya Allah, kegiatan akan menjaga Ananda Santri dari penggerusan identitas dan tradisi Pondok dalam masa Pandemi-19 yang telah berlangsung sekian lama.(AMS)

Penulis Onya Hatala
Editor Andi Baly.