Makassar, HUMAS SULSEL - Rencana kehadiran Gubernur Sulsel, Prof. HM. Nurdin Abdullah (NA) pada upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia ke-75 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan terungkap pada rapat panitia yang digelar di Aula I Kawil Kemenag Sulsel, Jalan Nuri No.53 Makassar, Rabu 29 Desember 2020.

"Kemarin surat undangan untuk Gubernur sudah diantarkan dan tadi kembali dikirim surat susulan karena adanya perubahan jadwal dari Kemenag pusat. Kita masih menunggu jawaban Bapak Gubernur apakah bisa hadir atau tidak", ucap Kabid PD Pontren, H. Mulyadi yang bertindak selaku Ketua Panitia Peringatan HAB Ke-75 Kanwil Kemenag Sulsel tahun 2021.

Diketahui bahwa selama menjabat sebagai Gubernur Sulsel, Prof. NA selalu betindak sebagai pembina upacara pada peringatan HAB yang digelar oleh Kanwil Kemenag Sulsel, untuk itu, panitia berharap upacara HAB ke 75 kali ini NA kembali hadir sebagai pembina upacara.

Selain membahas persiapan pelaksanaan upacara yang akan digelar di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar pada hari Selasa 5 Januari 2021, juga didiskusikan serangkaian kegiatan lainnya, diantaranya ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang 4 Januari 2021 pagi dan anjangsana ke panti jompo dan Lapas Wanita di Kab. Gowa, serta zikir dan doa bersama pada hari Selasa malam 5 Januari 2021 di Masjid Al Ikhlas Kanwil Kemenag Sulsel.

Selanjutnya disepakati bahwa pada tanggal 6 Januari 2021 akan dilaksanakan peletakan batu pertama gedung wakaf pendidikan oleh Kakanwil Kemenag Sulsel di salah satu pondok pesantren di Kab. Takalar, dilanjutkan acara ramah tamah yang akan dihadiri oleh seluruh Kakan Kemenag Kabupaten-Kota se Sulawesi Selatan.

Rangkaian peringatan HAB ke-75 Tingkat Provinsi Sulsel ini akan diakhiri dengan lomba kuliner oleh DWP Kanwil Kemenag Sulsel di Grand Mall Mandai Kab. Maros 7 Januari 2021.

Pada rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Panitia, H. Aminuddin ini  juga menggodok rencana pemberian piagam penghargaan kepada beberapa bupati yang dinilai telah memberi atensi dan kontribusi yang luar biasa bagi pembinaan umat, pengembangan kehidupan keagamaam dan pendidikan agama di wilayahnya masing-masing.

"Kepedulian beberapa bupati saya rasa patut kita apresiasi. Seperti Bupati Enrekang yang memberi insentif bagi penyuluh agama di daerahnya, begitu juga Bupati Bantaeng yang melanjutkan program yang telah dirintis pendahulunya Nurdin Abdullah, serta Bupati Luwu Utara yang begitu peduli pada pembangunan dan sertifikasi rumah-rumah ibadah", tutup Faturrahman.

Selain Kabag TU dan Kabid PD Pontren, rapat ini juga dihadiri oleh Kabid PHU KH.Kaswad Sartono, Kabid PAIS HM. Rasbi, Kabid Penmad H. Masykur, Kakan Kemenag Kota Makassar H. Arsyad Ambo Tuo, Kamad MTsN 1 Makassar Hj. Darmawati Karim serta beberapa pejabat eselon empat dan pelaksana lingkup Kanwil Kemenag Sulsel yang tergabung dalam kepanitiaan HAB 75 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Penulis Andi Baly
Editor Andi Baly.