Makassar, HUMAS SULSEL ~ Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan menyalurkan zakat profesi PNS Kanwil Kemenag Sulsel berupa beras sebanyak 2478 kg atau senilai Rp.142.485.000 . Senin, 03 Mei 2021. 

Beras tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, H. Khaeroni kepada perwakilan PNS dan Non PNS (Pramubakti, Pengemudi, Satpam dan Cleaning Service) lingkup Kanwil Kemenag Sulsel. 


Pada penyerahan beras ini, Kakanwil didampingi Kepala Seksi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Bidang Penaiszawa, Bakri, SH.I, ME mewakili Kabid Penaiszawa Dr.Kaswad Sartono yang tengah dinas luar. 

Adapun beras ini, kata Bakri, bersumber dari  pembayaran zakat profesi PNS Kanwil Kemenag Sulsel yang dipotong setiap bulan kemudian diserahkan dalam bentuk beras menjelang hari raya idul fitri. 

"Gaji PNS yang dipotong 2,5 % setiap bulan. Dari seluruh pengumpulan UPZ Kanwil, sesuai ketentuan, 50 persen diserahkan ke Baznas dan 50 persen sisanya yang didistribusikan oleh UPZ Kanwil. Itulah yang kita belikan beras untuk selanjutnya diberikan kepada mustahik dan fakir miskin melalui PNS lingkup Kanwil Kemenag Sulsel", jelas Bakri. 


Sementara itu, Kepala Bidang Penaiszawa, Dr. Kaswad Sartono ketika diminta tanggapannya melalui WhatsApp mengatakan bahwa zakat profesi merupakan kewajiban bagi setiap muslim yg memiliki kemampuan sesuai dengan nishab dan haulnya. Nishabnya seharga 85 gram emas dan haulnya setiap bulan (yauma  hashodihi), sedangkan zakatnya adalah 2,5 %. 

Melalui zakat profesi ini, lanjut DR. Kaswad Sartono yang juga Ketua Tanfidziyah NU Makassar,  diharapkan harta dan jiwa muzakki  bisa bersih dan suci sesuai QS. al-Taubah: 103. "Ini juga sekaligus menjadi bukti kepedulian kita terhadap sesama yang secara ekonomi memang mereka memiliki hak zakat tersebut (mustahik)", tutup mantan Kabid PHU ini. (AB/KS)

Penulis Andi Baly
Editor Andi Baly.