Wakil Menteri Agama RI Resmikan 15 Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji se Sulsel

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Makassar (Humas Sulsel) Revitalisasi Gedung Kantor Urusan Agama (KUA) terus digenjot oleh Kementerian Agama RI, pasalnya KUA merupakan salah satu Garda Terdepan terhadap pelayanan publik khususnya di bidang keagamaan, baik Urusan Pernikahan, Layanan Haji maupun Penyuluhan Agama.

Seperti pada hari ini (Jumat, 18 Desember 2020), dimana Wakil Menteri Agama RI H. Zainut Tauhid Sa'adi secara simbolis meresmikan 15 Bangunan baru Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan dibawah naungan Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulsel di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar.

Dalam Sambutannya, Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Khaeroni melaporkan bahwa sejak tahun 2015 sampai tahun 2020 ini, total sudah ada 90 unit Bangunan Baru Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan yang dibiayai oleh SBSN, dari 295 KUA kecamatan yang ada di Sulawesi Selatan, dan 212 diantaranya sudah bersertifikat atas nama Kementerian Agama.


Kakanwil berharap semoga KUA -KUA yang belum tersentuh SBSN juga bisa merasakan di tahun tahun berikutnya.

"Gunakanlah fasilitas KUA ini dengan sebaik baiknya, jangan digunakan sendiri, jadikan KUA sebagai pusat informasi dan pelayanan keagamaan di tingkat kecamatan, Pinta Kakanwil.

Wamenag RI H. Zainut Tauhid Sa'adi secara khusus menyampaikan bahwa fungsi gedung KUA ini dibangun sebagai Pelayanan Nikah dan Pelayanan haji, KUA juga merupakan Garda Terdepan sekaligus wajah Kementerian Agama, olehnya itu, jaga dan pelihara baik baik aset tersebut dan manfaatkan  semaksimal mungkin untuk melaksanakan fungsi pelayanan kepada umat.


Sebab Di KUA itulah awal manusia mengenal surga dunia, dan menjadikan sesuatu yang Haram menjadi Halalan toyyiban", Tambah Zainut Tauhid

Begitupun dengan pelayanan haji, apalagi di Sulsel yang masyhur dengan antusiasme masyarakatnya untuk berhaji, sampai sampai daftar tunggunya paling lama di Indonesia, jadikan Gedung KUA tersebut sebagai Pusat Layanan Haji di Kecamatan, utamanya dalam hal manasik haji.

Pertahankan dan aktualisasikan Motto KUA yakni melayani tanpa korupsi. Motto ini harus lebih dipertegas lagi dalam bentuk yg lebih nyata, sehingga citra positif Kemenag bisa dijaga, jadilah uswatun hasanah bagi semua stake holder di daerahnya dan disekitarnya, Kemenag ini ibarat kain putih, apabila kena setitik noda saja, akan sangat jelas kelihatan, mari jaga bersama Marwah Institusi kita, Harap Wamenag

Mudah mudahan pandemi ini bisa segera berakhir, sehingga kita semua bisa kembali beraktivitas dengan normal khususnya dalam meningkatkan pelayanan kepada umat, Tutup Beliau.


Adapun 15 Gedung Balai Nikah Dan Manasik Haji KUA Kecamatan se Sulsel yang diresmikan sejakigus ditandatangani prasastinya oleh Wakil Menteri Agama RI adalah :

1. KUA Kec. Bonto Bahari Kab. Bulukumba

2. KUA Kec. Segeri Kab. Pangkep

3. KUA Kec. Belawa Kab. Wajo

4. KUA Kec. Batang Kab. Jeneponto

5. KUA Kec. Sinjai Tengah Kab. Sinjai

6. KUA Kec. Ujung Kota Parepare

7. KUA Kec. Sibulue Kab. Bone

8. KUA Kec. Cempa Kab. Pinrang

9. KUA Kec. Bontonompo Kab. Gowa

10. KUA Kec. Bantimurung Kab. Maros

11. KUA Kec. Bajo Kab. Luwu

12. KUA Kec. Masamba Kab. Luwu Utara

13. KUA Kec. Wotu Kab. Luwu Timur

14. KUA Kec. Galesong Utara Kab. Takalar

15. KUA Kec. Wara Timur Kota Palopo. 


Wilayah LAINNYA