slot demo mirip asli Begini Hari Pertama Ujian PAT Di MTs Muhammadiyah Songing
Penilaian Akhir Tahun (PAT)

Begini Hari Pertama Ujian PAT Di MTs Muhammadiyah Songing

Suasana PAT Hari Ketiga MTs Muhammadiyah Songing, Senin (6/6/2022). (Foto: Kontributor Humas Kemenag Sinjai)

Sinjai Selatan (Humas Sinjai) – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Songing melaksanakan Ujian Penilaian Akhir Tahun (PAT) kali ini berjalan dengan lancar, Senin (6/6/2022). Hari pertama ujian PAT tersebut berlangsung dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Akidah Akhlak.

Kepala MTs Muh. Songing Ilham, mengungkapkan bahwa ujian PAT kali ini berbeda dengan ujian semester kemarin, “Dimana pihak madrasah melaksanakan PAT dengan berbasis smartphone. Namun untuk ujian kali ini kembali menggunakan alat tulis berupa kertas dan pulpen. Sesuai dengan kesepakatan pada saat rapat pembagian tugas Semester Genap dan ujian PAT kemarin,” jelasnya.

“Jika di tahun-tahun kemarin pada setiap pelaksanaan PAS maupun PAT di MTs Muhammadiyah Songing sudah berbasis smartphone, namun untuk PAT tahun ini peserta didik kembali menggunakan metode lama yaitu alat tulis kertas dan pulpen,” lanjut Ilham.

Sementara itu, Wakil Kepala Madrasah (Wakamad) Zaenab, menegaskan ujian PAT selain sebagai penentu kenaikan kelas bagi peserta didik kelas VII (tujuh) dan VIII (delapan), juga sebagai evaluasi sejauh mana kualitas pembelajaran yang telah diberikan selama 1 (satu) semester ke belakang oleh para pendidik dan mampu menjadi ketuntasan para pengajar dalam memberikan pembelajaran yang baik sesuai dengan kurikulum yang ditentukan dengan seberapa besar presentase ketuntasan para peserta didik dalam ujian tersebut.

“Ujian PAT ini selain merupakan penentu bagi para peserta didik untuk bisa naik kelas, juga sebagai evaluasi bagi seluruh peserta didik MTs Muhammadiyah Songing, untuk mengukur sampai sejauh mana kualitas pembelajaran yang telah mereka berikan selama 1 semester ini. Karena tuntas dengan tidaknya para peserta didik dalam ujian nanti akan menentukan apakah para tenaga Pendidik sudah tuntas dalam memberikan mutu pembelajaran yang berkualitas,” tegas Zaenab.

Namun disisi lain, Ketua panitia Martina berharap bahwa dengan adanya kerjasama seluruh penitia dan Pendidik yang ada di madrasah ini, Ujian PAT bisa berjalan dengan lancar dan aman, “Dengan itu kami berharap agar Ujian PAT berlangsung secara aman dan tertib sampai berakhir nanti,” pungkasnya. (Ahmad/IA)


Daerah LAINNYA