Bimwin Di Kemenag Bantaeng Ditutup, 25 Pasang Catin Siap Menuju Gerbang Perkawinan

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Bantaeng, (Inmas Bantaeng) - Setelah berlangsung selama 2 hari di Aula Kantor Kemenag Bantaeng, Bimbingan Perkawinan (Bimwin) bagi calon Pengantin ditutup secara resmi sore tadi oleh Kepala Seksi Bimas Islam Drs. H. M. Ribi, MM . (Kamis, 8/8/19).

Bimbingan Perkawinan (Bimwin) calon pengantin angkatan pertama untuk tahun 2019 yang dibuka secara resmi oleh bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag pada Rabu, 7/8/19 ini diikuti sebanyak 25 pasang calon pengantin atau sebanyak 50 orang yang berasal dari berbagai desa/kelurahan di 8 Kecamatan se Kab. Bantaeng.

Bimwin diisi oleh para narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya, yang bukan saja berasal dari jajaran Kantor Kemenag Bantaeng, akan tetapi juga dari beberapa instansi terkait lainnya diantaranya dari Dinas Kesehatan dan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Kab. Bantaeng

Diantara narasumber tersebut adalah bapak Kepala Kantor Kemenag Bantaeng Dr. H. Muhammad Yunus, M.Ag, bapak Kasubbag Tata Usaha  H.M. Ahmad Jailani, S.Ag, MA, Kasi Bimas Islam Drs. H. M. Ribi, MM, Abd. Rasyid, S.KM, M.Kes dari Dinas Kesehatan, Hj. Harmiyah H, utusan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Kab. Bantaeng, H. Hamka, S.Ag (Kepala KUA Kec. Bantaeng), Ridwan, S Ag (Kepala KUA Kec. Bissappu) dan Kaimuddin, S.Ag, MM, Penyuluh Fungsional KUA Kec. Sinoa yang pada kesempatan ini bertindak selaku fasilitator.

Dua hari memang bukanlah waktu yang cukup untuk memberikan bimbingan yang paripurna kepada para calon pengantin, akan tetapi kegiatan ini merupakan salah satu ikhtiar dari Pemerintah dalam rangka untuk membantu para calon pengantin dalam mempersiapkan perkawinannya serta mengantisipasi atau meredam tingginya tingkat perceraian akibat dari kegagalan dalam membina rumah tangga.

Sebagaimana harapan dari para Narasumber serta fasilitator Bimwin yang selama 2 hari melakukan pembimbingan, harapan yang sama juga disampaikan Kasi Bimas Islam Drs. H. M. Ribi, MM saat menutup secara resmi Bimwin didampingi oleh Panitia dan Fasilitator agar para peserta Bimwin dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperolehnya setelah resmi menjadi pasangan suami isteri nanti.

Ucapan terima kasih tak lupa pula disampaikan oleh Kepala Seksi Bimas Islam kepada segenap Narasumber, fasilitator dan panitia yang telah terlibat dalam acara ini selama 2 dan mewakili mereka, Kasi Bimas Islam menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya jika dalam penyampaian materi ada hal-hal yang kurang berkenan dihati para peserta Bimwin.

"Setelah selesainya Bimbingan Perkawinan ini, buka berarti belajar itu telah selesai, akan tetapi jika masih ada yang perlu dipertanyakan, kami selalu terbuka dan siap membantu meskipun melalui HP atau langsung ke Kantor Kemenag Bantaeng dalam hal ini  maupun ke KUA-KUA yang bersangkutan ". Tutur Kasi Bimas Islam.

"Dan sebelum kita tutup bersama Bimwin ini, saya ingin berpesan kepada para calon pengantin untuk saling menghargai satu sama lain. Suami kepada istri, juga istri kepada suami". Pesan Kasi.

Usai ditutup secara resmi, acara dilanjutkan dengan foto bersama dan penyerahan Sertifikat secara simbolis kepada salah satu pasangan calon pengantin sedang untuk para peserta Bimwin lainnya, menurut panitia, Sertifikat bisa diambil di KUA masing-masing, dan sebagai ole-ole bagi seluruh pasangan calon pengantin, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantaeng membagikan buku khusus peserta Bimwin berjudul "Fondasi Keluarga Sakinah".

Dan untuk melihat sejauh mana keberhasilan dan tingkat penerimaan peserta terhadap materi-materi yang disampaikan oleh para narasumber pada kegiatan Bimwin ini, Tim Humas Kemenag Bantaeng mencoba untuk mewawancarai beberapa pasang calon pengantin sebagai video testimoni. Berikut REKAMANNYA. (mhd)

 

Daerah LAINNYA