Buka Workshop, Kepala MAN Kep. Selayar Ungkap 4 Kompetensi yang Perlu Ditingkatkan

Kepala MAN Kepulauan Selayar Buka Workshop Penggunaan Media Pembejaran Digital

Benteng (Humas Selayar) Guru mempunyai peran yang sangat penting dan utama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan serta membentuk insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Untuk itu, seorang guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sehingga menjadi guru yang kompeten dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. 

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru, MAN Kepulauan Selayar  menyelenggarakan Workshop Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital pada Selasa (31/10/2023) tadi pagi, di Ruang Diklat Guru yang dilaksanakan oleh organisasi profesi Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MAN Kepulauan Selayar.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh tenaga pendidik yang berjumlah 50  guru, baik yang PNS, P3K mapun GTT yang dibuka oleh Kepala Madrasah Sofanul Hidayatullah. Adapun narasumber pada workshop ini yaitu ketua prodi Teknologi Informasi Komputer ITSBM Abdul Ma’rif Imran, Nur Syamsiyah.

Pada kesempatan tersebut, Ketua MGMP, Siti Aisyah memberikan penyampaian bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberikan penguatan dan ketrampilan bagi guru untuk menggunakan media pembelajaran yang berbasis digital, sehingga pesan pembelajaran akan mudah diterima dan terkesan menarik dan intraktif. Pihaknya juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja MGMP.

Kamad Sofanul Hidayatullah dalam kesempatannya menyampaikan beberapa penguatan tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang insan pendidik. Menurutnya ada empat kompetensi yang harus selalu ditingkatkan, diupdate dan dikembangakan serta  diwujudkan bagi seorang pendidik. Diantaranya yaitu kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi paedagogik dan kompetensi profesionalisme. 

"Selain itu, juga harus mengacu kepada Nilai BerAKHLAK (berorientasi pada pelayanan, Akuntable, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adabtif dan Kolabroatif" tegasnya. 

Sofanul juga menyebutkan bahwa ada tujuh program prioritas kementerian Agama yang harus dilaksanakan, salah satunya adalah Tranformasi Digital.

Dengan adanya perubahan dan digitalisasi, tambahnya, transformasi dianggap sangat urgen di masa yang kompetitif ini sehingga kita harus menyediakan layanan terbaik untuk semuanya. 

"Pentingnya digitalisasi madrasah ini semua demi kemudahan kita dalam melaksanakan tugas. Dengan digitalisasi, semua kegiatan guru akan terlihat dalam sistem sehingga memudahkan dalam melakukan monitoring,” tutupnya. 


Daerah LAINNYA