Hari Santri, Wabup Selayar Ajak Renungkan Peran Santri Sebagai Penggerak Kemajuan Bangsa

Wabup Selayar Bacakan Sambutan Tertuli Menteri Agama RI di Hari Santri Nasional 2023

Benteng (Humas Selayar) Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN), Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar H. Saiful Arif menjadi inspektur upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang digelar di halaman Taman Pelangi Selayar, Minggu (22/10/2023).

Hadir dalam upacara peringatan tersebut, Forkopimda, para Kepala Seksi dan Penyelenggara, Kepala KUA Kecamatan Daratan, Kepala Madrasah, Kepala RA dan ratusan santri di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Sejak ditetapkan pada tahun 2015, pada setiap tahunnya telah rutin diselenggarakan peringatan hari santri ini dengan tema yang berbeda. Untuk tahun 2023 ini, peringatan hari santri mengangkat tema "Jihad Santri Jayakan Negeri". Hal ini disampaikan Wabup H. Saiful Arif saat membacakan sambutan tertulis Menteri Agama Republik Indonesia.

Maksud dari tema tersebut, tambahnya, bahwa santri dalam sejarahnya berperan penting dalam berbagai peristiwa yang membentuk Kemerdekaan Indonesia, selalu menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan. 

Wabup Saiful Arif juga menegaskan bahwa peringatan Hari Santri bukanlah hanya milik santri semata, namun milik seluruh komponen bangsa yang mencintai tanah air. Untuk itu, beliau mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan Hari Santri dengan cara napak tilas perjuangan santri dalam menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

"Hari Santri adalah momentum yang tepat untuk merefleksikan peran kita dalam menjayakan negeri ini" ungkapnya.

Tak hanya itu, beliau juga mengajak untuk merenungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi penggerak kemajuan bangsa. Dan berharap peringatan Hari Santri di tahun ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama dan bangsa.

Sekedar informasi, dalam rangkaian upacara Hari Santri tersebut juga dilakukan penyerahan piala bergilir kepada Pondok Pesantren Al-Qur'an Babussalam Al-Muchtariyah sebagai juara umum pada perlombaan dalam rangka Hari Santri Nasional tahun 2023 tingkat Kabupaten Kepulauan Selayar. (na)


Daerah LAINNYA