Ikuti Workshop, Kakan Kemenag Selayar Ungkap Dampak Positif Upaya Peningkatan Mutu Kualitas Pendidikan

Workshop Peningkatan Mutu Kualitas Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren di Cikoro Kab Gowa

Gowa, (Humas Selayar) - Pendidikan memegang peran sentral dalam pembentukan karakter individu dan kemajuan masyarakat. Madrasah dan pondok pesantren memiliki potensi besar untuk mencetak generasi muda yang unggul, akan tetapi juga dihadapkan pada tantangan seperti kualitas pendidikan, kurikulum relevan, pelatihan guru, fasilitas yang memadai, dan metode pembelajaran inovatif.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar Nur Aswar Badulu dalam acara Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren yang dipandu Thamzil Thaher Pimpinan Redaksi Tribun Timur. Kegiatan berlangsung di Markas Pondok Pesantren Tarbiyah Jami, Cikoro, Kecamatan Tompobulu Kab. Gowa, Sabtu (29/10/2023).

Nur Aswar mengatakan kegiatan tersebut diadakan dalam upaya memajukan dan meningkatkan mutu kualitas pendidikan agama pada Pondok Pesantren, sehingga perlu melaksanakan pembinaan peningkatan mutu pendidikan agama dan keagamaan. 

Langkah-langkah peningkatan mutu kualitas pendidikan, menurut Nur Aswar dapat dilakukan dengan tindakan yang konkret dan terencana yang menjadi dasar utama diantaranya yaitu evaluasi sistem pendidikan, pengadaan bahan ajar berkualitas, pelatihan guru berkala, pengembangan kompetensi guru, dan kerja sama antar pihak terkait.

"Upaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah dan pondok pesantren bukan sekadar kebutuhan, melainkan investasi dalam masa depan yang lebih cerah" ungkapnya.

Nur Aswar juga mengungkapkan terdapat dampak positif dari upaya yang dilakukan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yaitu peningkatan kompetensi lulusan, peningkatan citra wilayah, pemahaman agama yang lebih mendalam, dan potensi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Acara tersebut juga mendapat sambutan baik dari Ketua Komisi VIII DPR RI, H. Ashabul Kahfi yang mengatakan bahwa untuk menuju mencerdaskan kehidupan bangsa, maka peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi pembangunan berkelanjutan di segala aspek kehidupan manusia.

Di samping acara workshop, juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan lain yaitu camping day, outbound dan penanaman pohon. (na)


Daerah LAINNYA