Isi Hikmah Maulid, Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel Ajak Teladani Sosok Rasulullah SAW

Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel saat Mengisi Hikmah Maulid di Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar

Benteng (Humas Selayar) -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan H. Khaeroni berikan hikmah Maulid Nabi pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H/2023 M Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar usai menghadiri kegiatan NGOPI (Ngobrol Pendidikan Islam) bersama Ketua Komisi VIII DPR RI dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel di Gedung Reyhan Square, Rabu (18/10/2023).

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Kantor Kemenag Selayar mengangkat tema “Mari Meneladani Akhlak Rasulullah SAW dalam Menyambut Pemilu yang Damai dan Aman untuk Kepulauan Selayar yang Religius” berlangsung di Aula Kantor Kemenag Selayar yang dirangkaikan dengan Pembukaan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Ke-78 tingkat Kab. Kepulauan Selayar. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar, Nur Aswar saat menyampaikan laporannya.

Nur Aswar menekankan bahwa pentingnya peringatan Maulid Nabi ini sebagai sumber inspirasi bagi para pegawai lingkup Kantor Kemenag Selayar. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa momentum ini juga sebagai acara penyambutan hari santri tanggal 22 Oktober nanti.

Kakanwil Kemenag Provinsi Sulsel H. Khaeroni sebagai pembawa hikmah maulid menyampaikan beberapa hal terkait menyempurnakan akhlak berdasarkan keteladanan Rasulullah SAW. Menurutnya, sebagai bentuk keteladanan dan kecintaan kita dapat dilakukan dengan berbagai amalan seperti membaca shalawat, berpuasa, bersedekah, dan membaca sirah nabawiyah (sejarah kehidupan Nabi) melalui hadis-hadisnya untuk dijadikan teladan dan pembelajaran.

"Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mempererat silaturahmi antar pegawai lingkup Kantor Kemenag untuk juga sebagai wujud kecintaan dan rasa syukur kita sebagai umat Rasulullah Saw" ungkapnya.

Dalam tausiyahnya juga disampaikan beberapa pesan diantaranya, ajakan untuk meneladani sosok Rasulullah yang memiliki kelembutan tutur kata maupun perilaku mulia serta terjaga dan menghargai setiap orang.

Melalui peringatan maulid ini diharapkan mampu meningkatkan moral umat Islam dengan menjadikan Rasulullah sebagai teladan, meningkatkan rasa dan pedalaman spiritual kita kepada Allah dan Rasulullah, meningkatkan rasa dan pedalaman spiritual kita kepada Allah dan Rasulullah. 

Peringatan Maulid Nabi ini juga dihiasi dengan beragam bentuk Songkolo yang telah dihias sebagaimana yang telah menjadi tradisi di masyarakat Selayar. (na)


Daerah LAINNYA