Kakan Kemenag Sidrap Jadi Khatib di Makkah

Makkah (Humas Sidrap) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidrap selaku Ketua Kloter UPG 2, Muhammad Idris Usman bertindak sebagai khatib di Masjid Hotel Abd Alaziz Makkah.

Dalam khutbah nya, dia menekankan terkait kemuliaan Nabi Ibrahim as yang digelari Khalilullah oleh Allah SWT. Khalilullah artinya adalah kekasih Allah SWT. Ini merupakan gelar yang diberikan kepada Nabi Ibrahim AS, sebagai salah satu nabi besar dalam kepercayaan agama Islam.

Lebih lanjut Kakan Kemenag Sidrap menambahkan 3 Sebab Nabi yang Diberi Gelar Khalilullah Adalah Nabi Ibrahim

1. Selalu mendahulukan perintah Allah SWT
Sebab yang pertama ini sebagaimana yang pernah disinggung dalam pembahasannya sebelumnya. Nabi Ibrahim tanpa pikir panjang menjalankan perintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya yang sudah lama dinantinya.

Meski atas izin Allah SWT, anaknya, Nabi Ismail AS, kemudian diselamatkan Allah SWT dan diganti dengan domba. Hal ini pula yang kemudian menjadi asal usul turunnya perintah berqurban.

Selain itu, dikisahkan saat Nabi Ibrahim mendapat perintah untuk khitan pertama kalinya, beliau langsung memotong kulupnya sendiri dengan kapak. Padahal, beliau diketahui memiliki pisau atau alat tajam lainnya.

Ternyata, Nabi Ibrahim berkata, ia segera mengambil benda apa pun di dekatnya kala perintah tersebut turun. Sebab, beliau khawatir masuk dalam golongan orang yang suka menunda perintahNya.

2. Selalu tawakal pada Allah SWT
Sebab yang kedua mengapa Nabi yang diberi gelar Khalilullah adalah Nabi Ibrahim yakni, beliau selalu bertawakal kepada Allah SWT. Seperti yang telah dibuktikan oleh Malaikat Jibril, kekayaan yang dimiliki Nabi Ibrahim tidak lantas membuatnya lupa dengan Allah SWT

3. Bapaknya para tamu
Terakhir, Nabi Ibrahim dikenal sebagai seorang yang selalu memuliakan tamunya. Bahkan diketahui tidak pernah makan kecuali ada seorang tamu yang menemaninya.

Hal ini yang juga kemudian membuat beliau mendapat julukan Abu ad Duyuf atau bapaknya para tamu. Bahkan, Nabi Ibrahim rela berjalan satu hingga dua mil untuk mencari tamu agar bisa makan bersamanya, pungkasnya(af/ah)


Daerah LAINNYA