Kemenag Sinjai Gelar Bimbingan Perkawinan Remaja Usia SekolahMadrasah Angkatan I

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Sinjai Utara (Humas Sinjai) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Sinjai  melalui Seksi Bimas Islam menggelar Bimbingan Perkawinan  Remaja Usia Sekolah/Madrasah  Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Kemenag Kab. Sinjai . H. Syamsul Bakhri , Rabu (20 /3/2022), bertempat di Aula Kemenag Kab. Sinjai pagi.

Syamsul Bakhri menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan setiap tahun nya  guna membuka wawasan para pelajar agar tidak terburu buru menikah pada usia yang belum cukup, yang mana pernikahan dini biasanya berawal dari pergaulan bebas dan lemahnya fungsi kontrol orang tua. Harapannya, dengan bimbingan ini dapat membuka cara pandang para pelajar untuk memahami dampak dan resiko dari pernikahan dini tersebut.

“Pernikahan dini  pada kalangan pelajar perlu dilakukan bimbingan  seperti ini. Pergaulan anak anak remaja saat ini hampir sudah tidak ada lagi batasannya, karena itu pengawasan dan bimbingan menjadi kunci utama menyelamatkan remaja kita pada hal yang salah,” tegasnya.

Lanjut Syamsul Bakhri menyatakan saat ini batas usia minimal untuk menikah di Indonesia diatur dalam UU No 16 tahun 2019 yaitu 19 tahun baik untuk laki laki maupun perempuan.

Sementara itu Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Sinjai, Andi Pelita dalam laporan nya  mengatakan kegiatan ini akan dilakukan sebanyak 6 (Enam) angkatan dengan Jumlah peserta 50 ( Lima Puluh) satu angkatan sehingga jumlah keseluruhan sebanyak 300 ( Tigaratus)  dimana pesertanya berasal dari peserta didik Madrasah dalam lingkungan Kemenag Sinjai, adapun tujuan kegiatan ini  sebagai upaya peningkatan kualitas mental generasi muda untuk membangun keluarga sakinah mawadah warahmah, untuk menekan angka pernikahan di bawah umur, serta menekan angka perceraian nantinya.

Turut hadir  mendampingi Kasubag TU dalam membuka kegiatan tersebut, Kepala Seksi Bimas Islam, A. Pelita  bersama JFU Seksi Bimas Islam Kemenag Sinjai, Peserta didik MAN 1 Sinjai dan MAN 2 Sinjai.

Adapun sebagai Pemateri, A. Tenri Rawe Baso
Dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sinjai Dan Muh. Nuch Hatib, Penyuluh Agama Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sinjai Utara. (Arf)


Daerah LAINNYA