Kepala MAN 1 Barru Target Arsip Berbasis Digital 100% di Tahun 2024

Suasana rapat koordinasi dan evaluasi bulan Januari

Barru, (Humas Barru) - Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Barru, Ahmad R menargetkan arsip berbasis digital mencapai 100% dalam kurung tahun 2024. Hal ini disampaikan pada rapat evaluasi dan koordinasi bulan Januari, Senin, (29/01/2024). 

Rapat yang dilaksanakan di aula asrama siswa MAN 1 Barru ini, dihadiri oleh seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan di MAN 1 Barru. Penyampaian dari Kepala MAN 1 Barru tersebut sejalan dengan salah satu dari 7 program prioritas Kementerian Agama yaitu transformasi digital. Transformasi digital, tidak hanya pada sektor pelayanan publik, tapi juga pada sektor Pendidikan dan administrasi Kependidikan. 

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad R meminta kepada Guru – Guru agar segala hal terkait administrasi Guru agar memiliki arsip berbasis digital.

“Mulai dari Perangkat pembelajaran yang berupa prota, prosem, kriteria ketuntasan peserta didik, silabus atau capaian pembelajaran serta RPP atau Silabus wajib memiliki backup file digital.” tegas Ahmad R.
Lanjutnya Ia juga meminta agar dokumen berupa hasil evaluasi pembelajaran turut diarsipkan dalam bentuk file digital.

“Dokumen kisi-kisi, instrumen soal, analisis nilai, dan remedial semua di ekspor ke file PDF , lalu file tersebut silahkan dikirim ke penanggung jawab arsip digital yang telah ditunjuk.” jelas Ahmad R.

Selain dari dokumen yang terkait administrasi pembelajaran Guru, Kepala MAN 1 Barru yang telah memimpin MAN 1 Barru kurang lebih 5 tahun ini, meminta agar dokumen kepegawaian turut di arsipkan dalam bentuk file digital.

“Dokumen surat masuk, surat keluar, surat cuti, SK internal dan seluruh dokumen administrasi di tata usaha agar turut di arsipkan dalam bentuk file digital. Semua ini kita lakukan agar, saat kita membutuhkan file tersebut, maka kita bisa mengakses dengan cepat tanpa di batasi oleh ruang dan waktu.” Tutup Ayah 4 anak ini.

Dala rapat tersebut, seluruh peserta rapat turut dibahas terkait penginputan RHK di aplikasi E-Kinerja untuk periode 1 Januari – 31 Desember 2024. (Iqra)


Daerah LAINNYA