Pinrang, (Humas Parepare) – Komunitas Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) Gabungan Parepare-Pinrang menggelar Pelatihan (IN 1) yang mengusung tema “Konsep Perencanaan Supervisi Akademik†yang dilaksanakan di Aula Pondok Rakyat yang berada di Jalan Urif Sumoharjo Kab. Pinrang.
Kegiatan ini diikuti oleh Komunitas KKMA Gabungan Pinrang-Parepare dengan jumlah anggota sebanyak 16 orang kepala madrasah, juga dihadiri oleh masing-masing Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Parepare dan Pinrang dan satu orang Fasilitator Provinsi.
Kegiatan
ini bertujuan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kemampuan kepala Madrasah
dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai leader pada lembaga yang
dipimpinnya. Untuk mendukung keberhasilan tufoksi masing-masing kepala
madrasah, maka dalam penyusunan konsep perencanaan supervisi akademik
berlangsung dalam suasana yang sangat kondusif dengan memberikan kesempatan
kepada semua peserta untuk mengungkapkan pengalaman yang mereka alami pada
madrasah masing-masing.
Berdasarkan
hal tersebut, forum ini kemudian melahirkan satu konsep perencanaan supervisi
akademik yang diharapkan dapat direalisasikan pada masing-masing lembaga
khususnya komunitas KKMA Gabungan Pinrang – Parepare.
Ansyar
sebagai Ketua KKMA Gabungan Parepare-Pinrang berharap bahwa dengan pelatihan
kegiatan I dan 2 maka terdapat peningkatan kompetensi kepala madrasah, termasuk
untuk tingkat Madrasah Aliyah, dalam beberapa bidang kompetensi. Untuk itu,
program prioritas sebagai salah satu bentuk kegiatan Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan (PKB) Kepala Madrasah Aliyah terutama dalam penguatan bidang
kompetensi supervisi.
Pelaksanaan
kegiatan ini diharapkan memberikan output yang kongkrit yaitu:
1.
Terjadi perubahan pola supervisi akademik yang dilakukan kepala madrasah aliyah
di Kota Parepare dan Kab. Pinrang menjadi lebih efektif dan terukur.
2.
Kepala Madrasah Aliyah di Kota Parepare dan Kab. Pinrang memiliki keterampilan
terstandar dalam membuat perencanaan supervisi, melaksanakan supervisi, dan
menindak lanjuti hasil supervisi.
3.
Kepala Madrasah Aliyah di Kota Parepare dan Kab. Pinrang memiliki keterampilan
melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTS) sebagai langkah ilmiah dalam
peningkatan kualitas madrasah. (Haedil/Wina)