KUA Masamba

KUA Masamba Hadiri Undangan Tim Akreditasi Puskesmas

Masamba (Humas Kemenag Lutra) -- KUA Masamba menghadiri undangan dalam acara Lintas Sektoral proses Akreditasi Pelayanan PUSKESMAS Masamba. Dalam pertemuan ini dihadiri oleh beberapa unsur pemerintahan Kecamatan Masamba diantaranya Kepala Kantor Kecamatan Masamba ,KUA Masamba, Kepala Desa Sekitar Kecamatan Masamba, Kepala Kelurahan Ketua penggerak PKK Kecamatan, Babinsa, dan seluruh pegawai pusat kesehatan masyarakat (PUSKESMAS) Masamba yang bertempat di Balai Puskesmas Masamba. Rabu (6/12/2023).

Dalam hal ini  pihak Tim Akreditasi Puskesmas dr Andi Ultapri menyampaikan" bahwa dalam hal pelayanan dan kebutuhan masyarakat Kecamatan Masamba  terhadap kehadiran Puskesmas sangat dibutuhkan, untuk itu ,demi meningkatkan kualitas pelayanan maka dibutukan Akreditas agar kepercayaan masyarakat dan bantuan dari pusat dapat terpenuhi.

Kemudian  unsur Lintas Sektoral KUA Masamba yang di wakili oleh Penghulu Parsyad Mukhlis Jananto  S.Ag menyampaikan pesan dari kepala KUA Kecamatan Masamba bahwa"kami sangat mendukung penuh penyelenggaraan proses akreditasi ini agar Puskesmas Masamba semakin meningkatkan layanannya pada masyarakat khususnya Masyarakat Kecamatan Masamba agar kemudian tercipta kesehatan masyarakat yang memadai."

Kemudian Kepala Puskesmas Masamba Bid. Yayuk Winarti,S.ST menyampaikan" kami mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada semua elemen masyarakat termasuk instansi lintas sektoral yang selama ini menjadi mitra kerja kita dalam menangani masalah Kesehatan,memang tak dapat dipungkiri bahwa masalah kesehatan ini bukan hanya tugas tim medis belaka tetapi  ini adalah tugas kita bersama ,karena saya yakin jika tugas ini hanya bertumpu pada tim medis belaka maka tentu tidak akan berpenghujung,untuk itu pencegahan melalui tehnik dan pendekatan dengan penyadaran bahasa agama yang dilakukan oleh teman- teman dari kantor KUA Kecamatan Masamba  sangat bernilai tepat guna Karena langsung pada sasaran dengan penyadaran untuk penerapan pola hidup sehat dengan bahasa -bahasa Agama ,untuk itu kita ucapkan terimakasih pada teman-teman  dari Kantor KUA Kecamatan Masamba" yang kemudian disambut applause lagi oleh para Hadirin.

Lebih lanjut lagi Yayuk  mengatakan" Untuk menjamin perbaikan kualitas, peningkatan kinerja maka manajemen  risiko harus dilaksanakan secara berkesinambungan di Puskemas, untuk itulah diperlukan adanya penilaian oleh pihak eksternal dengan menggunakan standar yang ditetapkan, yaitu melalui mekanisme  akreditasi  . Akreditasi Puskesmas adalah pengakuan yang diberikan oleh pemerintah terhadap standar pelayanan di Puskesmas. Akreditasi penting dilakukan untuk meningkatkan pelayanan timbal balik serta keselamatan pasien.

Tujuan utama akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan kinerja baik melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan serta program dan penerapan manajemen risiko. Tentu saja akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi belaka akan tetapi lebih jauh dari semua itu "ujar wanita berdarah jawa itu.

Setelah acara selesai dilanjutkan dengan Penandatanganan MOU antara puskesmas Masamba dengan KUA Masamba tentang pembekalan calon pengantin (catin),penanganan masalah Stunting dengan model penyuluhan keagamaan.(Nugi Masamba)


Daerah LAINNYA