KUA Wattang Pulu Ikut Serta Pengukuran Arah Kiblat Serentak

 

Uluale (Humas Sidrap)  – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) melaksanakan pengukuran arah kiblat serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini bertujuan memastikan keakuratan arah kiblat bagi masjid-masjid dan mushola di seluruh tanah air, memanfaatkan momen istimewa Posisi Rashdul Qiblah, yaitu saat matahari berada tepat di atas Ka'bah (27/5) Pukul 17.18 WITA.

Di Kanwil Sulawesi Selatan, instruksi seluruh jajaran untuk mengikuti kegiatan ini dengan penuh antusiasme. Instruksi ini ditujukan kepada seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayah Sulawesi Selatan untuk melakukan pengukuran arah kiblat serentak dan selanjutnya di teruskan ke seluruh mushallah dan masjid di Kecamatan masing-masing.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, KUA Watang Pulu melaksanakan pengukuran arah kiblat di Masjid Babul Jamaah Uluale, Kecamatan Watang Pulu. Pengukuran ini dipimpin langsung oleh H. Nurdin, selaku Kepala KUA Watang Pulu, didampingi oleh Hamka, penghulu KUA Watang Pulu,  Syaharuddin, Muslim Paremma serta jajaran penyuluh KUA Watang Pulu.

“Kegiatan pengukuran arah kiblat ini sangat penting untuk memastikan bahwa kita menjalankan ibadah salat dengan lebih akurat dan sesuai dengan syariat Islam. Dengan memanfaatkan momen Rashdul Qiblah, kita mendapatkan referensi yang sangat akurat.” Ujar Nurdin.

Sementara itu, Nurdin  menambahkan bahwa pengukuran ini juga menjadi kesempatan edukasi bagi masyarakat mengenai pentingnya arah kiblat yang tepat.

“Kami berharap, melalui momen ini, masyarakat semakin paham dan dapat memastikan sendiri arah kiblat yang benar di rumah atau tempat ibadah masing-masing,” ujarnya.

Pengukuran dilakukan dengan menggunakan peralatan yang telah disiapkan oleh tim KUA, serta mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh Kementerian Agama. 
Kegiatan pengukuran sejuta arah kiblat serentak ini tidak hanya dilaksanakan di Sulawesi Selatan, tetapi juga di seluruh provinsi di Indonesia, dengan tujuan agar seluruh umat Muslim di Indonesia dapat menjalankan ibadah salat dengan lebih sempurna. Kementerian Agama RI berkomitmen untuk terus mengedukasi dan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dalam hal keagamaan.Kementerian Agama RI juga tentu berharap dengan mencetak rekor MURI sebagai kegiatan pengukuran arah kiblat terbanyak seluruh indonesia

Dengan terlaksananya pengukuran ini, diharapkan seluruh masjid dan mushola di Indonesia dapat memiliki arah kiblat yang lebih akurat, sehingga ibadah yang dilaksanakan semakin sah dan diterima di sisi Allah SWT. (MAR)


Daerah LAINNYA