Penyelenggara Syariah dan Pengurus Masjid Ukur Arah Kiblat

Illustrasi Foto (Kemenag RI Provinsi Sulawesi Selatan)

Borong Rappoa, (Inmas Bulukumba) – Kementrian Agama Kabupaten Bulukumba adakan pengukuran arah kiblat di masjid Nurul Amin, Desa Borong Rappoa, Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba, pada Kamis (08/08/2019).

Penyelenggara Syariah Kementrian Agama Kabupaten Bulukumba Syukriadi, S.Ag., MM., dibantu staff Maisyurah, S.Ag., bersama pengurus masjid terjun langsung ke lokasi untuk melakukan pengukuran arah kiblat menggunakan alat peraga penentu arah kiblat. Beberapa masyarakat juga turut antusias menyaksikan dan membantu proses pengukuran.

Ketepatan arah kiblat adalah salah satu syarah sah dalam melaksanakan ibadah sholat selain itu juga merupakan pemersatu umat islam dalam menjalankan ibadah tersebut, sehingga perlu penentuan yang tepat dan sesuai arah masjidil haram.

Masjid nurul amin sebenarnya telah lama berdiri. namun, pengurus masjid ingin meronovasi kembali masjidnya. Sehingga untuk menghilangkan keragu-raguan masyarakat dalam melaksanakan ibadah, mereka mengundang Kementrian Agama Kabupaten Bulukumba untuk menentukan arah kibat yang tepat.

Dari hasil pengukuran yang dilakukan ternyata arah Kiblat yang selama ini digunakan melenceng 170 cm, sehingga ketika melakukan sholat harus serong 1°. Sebagaimana arah Kiblat dalam wilayah Bulukumba berada pada 192°.

Syukriadi, S.Ag., MM., menerangkan bahwa pengukuran arah Kiblat memang merupakan salah satu tugas penyelenggara syariah. dirinya berharap agar pengurus Masjid yang ingin melaksanakan pengukuran arah Kiblat untuk menyampaikannya melalui surat pemberitahuan ke kantor Kementrian Agama Kabupaten Bulukumba. Kegiatan ini pun sifatnya gratis tanpa dipungut biaya apapun. (dil/sfl/wrd)


Daerah LAINNYA