Persiapan Haji 2024, Kemenag Selayar Gandeng Imigrasi Makassar Gelar Layanan Eazy Passport

Calon Jemaah Haji Kepulauan Selayar Ikuti Alur Penerbitan Paspor

Benteng (Humas Selayar) -- Dalam rangka persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2024, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Selayar menggandeng Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar melakukan layanan Eazy Pasport sebagai upaya penyelesaian dokumen paspor jamaah haji secara cepat, Selasa (07/11/2023) bertempat di Aula Kemenag Selayar.

Kegiatan Layanan ini merupakan inovasi Kantor Imigrasi bersinergi dengan Kementerian Agama dalam mempermudah jemaah haji yang akan berangkat ke tanah suci.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar Nur Aswar sambut hangat kedatangan Tim Eazy Pasport dan menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama pihak Imigrasi dalam pelayanan paspor jemaah haji.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Muhammad Sayuti Salam menyampaikan bahwa kegiatan Eazy Pasport Layanan Haji ini merupakan layanan pembuatan Paspor secara kolektif yang dilakukan tanpa perlu berkunjung ke Kantor Imigrasi, melainkan di tempat pemohon mengajukan layanan.

Sayuti mengatakan salah satu kelebihan layanan ini yaitu memudahkan pengurusan paspor jemaah haji secara cepat, dimana setiap jemaah haji tidak lagi menunggu antrian yang cukup panjang saat mengurus paspor di Kantor Imigrasi yang jaraknya pun cukup jauh dari Kepulauan Selayar.

"Dengan datangnya pihak Imigrasi tentunya mempermudah calon jamaah haji untuk membuat paspor dalam satu tempat, dan mereka tidak perlu datang langsung ke Kantor Imigrasi di Makassar" ungkapnya.

Eazy Passport ini juga merupakan layanan yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi pada masa pandemi covid-19 sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam memutuskan rantai penularan virus covid-19.

Demikian pula, Sayuti Salam mengucapkan terima kasih atas kesediaan pihak Imigrasi yang siap melayani langsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Kepulauan Selayar dalam rangka memberikan pelayanan penerbitan paspor jemaah haji. Dirinya berharap dengan adanya layanan Eazy Paspor ini jemaah Haji Kepulauan Selayar bisa terbantu dalam pengurusan Paspor. (na)


Daerah LAINNYA