Pertama, Upacara Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Takalar Di Gelar Di Pondok Pesantren.

Palleko, Humas Takalar, Di gelar di areal Pondok Pesantren Tarbiyah Palleko, Kepala Kantor Kemenag Takalar  H. Muhammad memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022 tingkat kabupaten Takalar  , Sabtu  22 Oktober 2022.

Segenap pejabat lingkup Kemenag Takalar, Kepala KUA dan Penghulu , pimpinan pondok pesantren dan para kepala madrasah sekabupaten Takalar hadir dalam upacara santri 2022 ini.

Untuk upacara Hari Santri Nasional tingkat kabupaten Takalar tahun 2022 pertama kali di gelar di Pondok Pesantren. 

Dan pondok Pesantren Tarbiyah Palleko  yang pertama menjadi lokasi  Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2022.

Upacara peringatan Hari Santri Nasional tahun 2022  ini mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan

Menurut H. Muhammad momen  pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional harus menggema dan terdengar oleh masyarakat khususnya di kabupaten  Takalar. Seluruh pondok pesantren harus siap menjadi tuan rumah, ungkapnya.

Olehnya itu  jelas  Muhammad,  pelaksanaan Upacara Hari Santri Nasional tahun depan rencananya akan ditempatkan di ponpes Assalam Timbuseng dengan kegiatan yang lebih semarak lagi.

Sementara itu  Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutan seragamnya mengatakan santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. 

Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Pasca kemerdekaan Indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi. Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama.

Catatan-catatan di atas menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja. Sehingga mengasosiasikan santri hanya dengan bidang ilmu keagamaan saja tidaklah tepat. 

Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian bermacam-macam, bahkan mereka menjadi pemimpin negara.

Tidak hanya upacara, sebelum dan sesudah upacara para santri juga menggelar pertunjukan musik dan tari . Semua kegiatan tersebut sengaja digelar  untuk memeriahkan peringatan hari santri nasional tahun ini. ( D,Tola ).


Daerah LAINNYA