Rapat Pembagian Tugas, Kamad MIN 8 Bone : Jalankan Regulasi dengan Bijak!

Penjelasan Indikator Aspek Penilaian Awal Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2022/2023

Watampone (Humas Bone) – Implementasi Kurikulum Merdeka telah gencar dilaksanakan, satuan pendidikan mulai tunjukan regulasi berdasarkan perintah Menteri Pendidikan agar ilmu segera diterapkan. Dengan dasar tersebut, Harnidah selaku Kamad Min 8 Bone memimpin rapat. Rapat pembagian tugas juga ini dirangkaikan dengan evaluasi kinerja selama setahun agar dapat berinovasi kembali menuju madrasah yang unggul dan amanah serta madrasah yang mampu bersaing melalui pembelajaran digital.

Dengan berbagai rancangan kelas dengan penentuan wali kelas serta guru mata pelajaran yang bertanggung jawab sesuai dengan jenjang, Harnidah memberikan regulasi agar dijalankan dengan bijak sehingga ikhlas untuk menerima dan melaksanakan tanggung jawab secara profesional. Persiapan penilaian awal pada peserta didik baru yang dirancang melalui kegiatan wawancara dan pengamatan juga telah digagaskan, mulai dari aspek dan indikator yang akan ditanyakan dan diamati hingga teknis pelaksanaan.

Gambaran pelaksanaan kemudian disimulasikan guna menjaga persamaan persepsi terhadap indikator yang akan diimplementasikan. Dari empat aspek yakni afektif, kognitif, psikomotorik dan spiritual disusun dengan mengambil dasar dari wawasan awal peserta didik usia dini secara umum. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan peserta didik dapat menuangkan minat dan bakatnya sesuai dengan kemampuan yang dimilki.

“Ada beberapa indikator yang perlu kita koreksi bersama melihat kemampuan anak itu berbeda, misalnya dibagian kognitif agar tidak langsung menyuruh anak untuk membaca tapi memberikan kesempatan kepada anak untuk mengenal huruf terlebih dahulu dan selanjutnya mengejakan,” pungkas Harnidah saat menjelaskan indikator keempat aspek di ruang kelas IA1, Jumat (8/7/2022)

Gambaran terkait kegiatan untuk kelas VI ke depannya juga dibahas untuk mempersiapkan berbagai kemungkinan yang terjadi pada prosesnya. Untuk hasil yang maksimal, tentunya diperlukan persiapan yang matang. Seluruh tenaga pendidik dan non pendidik tentunya harus bekerja secara sinergitas agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. (Febri/Ahdi)


Daerah LAINNYA